Helm Off Road

Mengapa Helm Off Road Dibuat Ada Moncong dan Patnya? Ini Penjelasannya

Sobat Zonbie pasti pernah bertanya-tanya, “Kenapa helm off road ada moncong dan patnya, yah.?”. Sudah terjawab atau belum, kali ini Zonbie mau bahas sedikit tentang alasan kenapa helm off road atau motorcross ada moncong dan patnya, sehingga terlihat sangat berbeda dengan helm full face pada umumnya.

Helm off road jelas didesain khusus untuk pengguna motorcross atau trail. Desainnya terlihat sangat berbeda dengan helm full face pada umumnya meski keduanya menutupi hampir semua bagian kepala. Kenapa?

“Bermotor di medan off road dengan motorcross atau trail sangat menguras tenaga, sehingga pengendara akan lebih sering menarik dan membuang nafas. Karena itu, desainnya dibuat meruncing pada bagian mulut agar memberikan rongga atau jarak yang lebih besar untuk hawa nafas pengendara. Hal itu juga untuk menghindari visor helm off road berembun,” jelas Arif RB, Manager Prime Gears.

Selain itu, lanjut RB, juga untuk mencegah benturan langsung antara mouth guard helm dengan mulut atau muka jika pengendara terjatuh dengan benturan di bagian depan.

Sebagai tambahan informasi, untuk akivitas motor offroad yang bersifat touring atau adventure ringan, helm off road juga ada yang memiliki visor. Sedangkan untuk aktifitas motorcross yang cenderung lebih ekstrim tidak menggunakan visor, namun menggunakan goggle atau kaca mata khusus.

Helm Off Road Dengan Visor

Selain untuk faktor kepraktisan membersihkan kotoran yang terpental ke bagian wajah, dimana pengendara cukup melepas goggle sehingga tak perlu repot melepas helm dan visor, juga terkait faktor keselamatan.

“Karena mata pengendara lebih terlindungi jika menggunakan goggle. Jika menggunakan visor, resiko cipratan tanah atau kerikil masih bisa masuk melalui rongga di bawah helm dan resiko visor pecah juga dapat membahayakan si pengendara,” tegas RB.

Sementara bagian pat atau topi capil lebih panjang berfungsi untuk melindungi wajah dari panas matahari dan cipratan tanah dari pengendara di depannya. Karena itu, saat beraktivitas dengan motorcross, kepala pengendara cendrung sedikit menunduk supaya pat atau topi capilnya bisa menghalau cipratan tanah atau kerikil ke wajah.

Comments