Mengenal Honda Trail Cub 55, Bebek Trail Jadul Yang Sudah Combi Brake

Di Indonesia, Honda Super Cub mungkin hanya dikenal dalam varian motor bebek, C70. Tapi di beberapa negara, versi crossover yang menggabungkan motor bebek dan trail juga tersedia.

Salah satunya, Honda Trail Cub 55 yang dijual di Amerika dan Australia. Basisnya sendiri tetap motor bebek C50 versi tahun 65-70 Sobat Zonbie.

Sesuai namanya, Honda Cub Trail, motor ini memang diperuntukan untuk berburu atau ke jalur-jalur terjal.

Loading...


“Makanya, didukung dari double gear, peruntukuan off road di gear besar,onroad di gear kecil,” jelas Decky Sastra, motorcyle enthusiast asal Bandung yang juga mengoleksi Trail Cub 55.

Uniknya, pemindahan giginya dilakukan secara manual, yakni dengan penambahan mata rantai agar bisa masuk opsi ke gear besar. “Jadi motor ini juga disediakan mata rantai tambahan.

Loading...


Uniknya lagi, meski hadir di jaman dulu, tapi motor ini mempunyai combi brake system nih Sobat Zonbie!

Yup, sistem yang memungkinkan kerja rem depan dan belakang secara bersamaan yang dikenal di Indonesia baru pada 2009 lewat Honda Vario Techno ini sudah hadir di bebek jadul lho Sob!

Loading...


Tentu sistemnya sedikit beda. Yakni dengan mengandalkan handel sebelah kiri.

“Itu diperuntukan sebagai rem belakang, tapi rem belakang di kaki kanan tetap ada. Adanya handel itu dimaksudkan biar tidak kagog dalam posisi mengerem,” pungkas Decky sembari menyebut volume mesin aslinya yang hanya 50 cc.

Selain itu, untuk menunjang aktivitas outdoor, ada pula tangki bensin tambahan di bagian belakang, serta knalpot ala motor trail yang melengkung ke bagian atas motor.

Loading...