Mengenal Norton Commando Yellow Peril, Motor Jalanan Beraura Balap

Jika Sobat Zonbie mengenal motor-motor kencang yang merupakan turunan dari versi massalnya, seperti Ducati Panigale R, Kawasaki Ninja ZX-10RR, Yamaha R1M dan Honda CBR1000RR SP2, maka di masa lalu ada motor serupa berjuluk Norton Commando Production Racer.

Yup, motor yang sering disebut dengan julukan ‘Yellow Peril”, merupakan model road legal dari versi balapnya untuk memenuhi regulasi homologasi kejuaraan balap dunia.

Awalnya, Yellow Peril dirancang khusus balap sebagai produk prototipe satu-satunya. Karena adanya pembatasan biaya produksi pada akhir tahun 60-an dan awal tahun 70-an, Yellow Peril akhirnya dibangun berdasarkan model Norton Commando.

Tentu saja motor tersebut bukan lagi dalam kondisi standar. Tapi dibangun dengan menggunakan part performa yang terbaik saat itu. Yellow Peril dibangun di workshop Norton Race Shop oleh mantan pebalap AJS dan senior development engineer bernama Peter Inchley. Sehingga powernya meningkat sekitar 12 dk dan total power menjadi 70 dk dengan top speed yang diraih 120 mph. 

Sebagai produk langka, Norton Commando Production Racer tahun 1969 bakal dilelang dibiro pelelangan Mecum, pada tanggal 1-2 Juni 2018 di Las Vegas, tapi hingga sekarang masih belum ada bocoran harganya. 

Comments
1 2
Shares