menggunakan helm open face

Menggunakan Helm Open Face, Wajah Pria Ini Cedera

Beberapa waktu ini dunia jagad maya diramaikan oleh foto seorang bikers yang mengalami cedera, akibat menggunakan helm open face saat riding.

menggunakan helm open face

Pada gambar foto yang diunggah oleh Dodgie Edwards nampak ada dua foto. Dimana salah satunya menggambarkan seorang Bikers mengalami cedera, dengan ada suatu benda yang mirip batu menancap pada pipinya.

Sementara, pada foto lainnya nampak sang Bikers diduga sudah berada di Rumah Sakit dengan wajah bagian pipi nampak berlubang. Sepertinya benda yang sebelumnya menancap di pipinya sudah diangkat oleh tim medis.

“Menurut anda helm open face itu keren? Pikir lagi,” tulis Dodgie Edwards

Melihat foto tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani berpendapat, banyak Bikers yang memilih style berkendara yang disesuaikan dengan motor yang digunakan. Namun demikian, para Bikers tersebut tidak mengindahkan sisi keselamatan.

“Terkadang, pengendara lebih memilih style berkendara sesuai dengan motor yang didigunakan. Tanpa memikirkan resiko keselamatan jika terjadi kecelakaan. Lebih baik, apapun motor yg digunakan tapi tetap pakai helm yang benar-benar bisa melindungi kepala dan bagian wajah jika terjadi kecelakaan,” jelas Agus Sani.

Lebih lanjut, Agus Sani menyarankan bagi para Bikers yang menggunakan helm open face untuk dilengkapi juga dengan kaca helm(visor). Hal ini dimaksudkan guna mencegah kemungkinan buruk yang terjadi selama Bikers dalam perjalanan.

Sementara itu, Jusri Pulubuhu, Pemerhati keselamatan berkendara sekaligus Pendiri juga Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, menyayangkan kejadian yang dialami oleh Bikers tersebut. Menurutnya, helm open face yang digunakan oleh Bikers tersebut masuk kategori unaceptable helmet.

Helm ini sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan, apalagi bagi para Bikers yang melakukan perjalanan jauh. Jusri Pulubuhu juga menyarankan, sebaiknya menggunakan helm fullface yang benar-benar melindungi seluruh bagian kepala Bikers.

“Untuk helm kita mengenal helm ideal, helm ideal adalah helm yang benar-benar melindungi seluruh bagian kepala. Yang kedua helm minimum, helm ini direkomendasikan untuk penggunaan harian. Yang terakhir helm unaceptable, helm ini sangat tidak direkomendasikan atau sebaiknya jangan digunakan sama sekali untuk berkendara dengan sepeda motor,” jelas Jusri.

Jusri menyarankan bagi para Bikers. Sebaiknya menggunakan helm yang sesuai dengan peruntukannya. Minimum, menggunakan helm yang melindungi bagian kepala dan juga wajah.

Comments