Mengobati Penyakit Batuk-Batuk Pada Karburator

Air, bensin dan debu adalah tiga elemen yang jika bersatu akan menjadi kotoran ‘membandel’ yang menyebabkan karburator sepeda motor ‘batuk-batuk’. Putaran gas pun seketika tidak mau turun dikarenakan kotoran telah mengganggu pergerakan jarum skep pada karburator.

Sobat Zonbie, pastinya tidak ingin motornya mengalami mogok di jalan. Terlebih harus segera bertemu dengan Si Dia namun terkendala motor mogok karena karburator yang terserang penyakit batuk. Untuk itu, alangkah baiknya jika Sobat Zonbie memberikan perawatan pada karburator agar tidak diserang penyakit batuk.

Karburator sendiri merupakan salah satu elemen vital bagi kendaraan, jika tak dirawat dengan baik, maka bisa dipastikan tunggangan andalan Sobat Zonbie akan sering rewel dan menyusahkan. Namun, jika Sobat Zonbie rutin merawatnya, tentu aktifitas berkendara akan lancar, tarikan mesin tak tersendat dan tentu saja konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Nah, untuk terhindar dari segala hal yang akan menimpa motor Sobat Zonbie yang disebabkan oleh penyalur bahan bakarnya, berikut ini tips merawat karburator yang dapat dilakukan sendiri oleh Sobat Zonbie di rumah.

Langkah awal, lepaskan karburator dari intake manifold dan filter udara. Lalu, lepaskan mangkok karbu dan komponen-komponen karbu yang ada di dalamnya, tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih.

Kemudian uraikan pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet dan yang lainnya. Perhatikan parts-parts kecil dan seal atau karet pelindung. Sebaiknya anda tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat agar pada saat pemasangan tidak bingung mencarinya.

Bersihkan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Lubang-lubang pada spuyer dapat pula dibersihkan dengan menyemprotkan cairan pembersih seperti Carburetor Cleaner.

Sebelum memasang kembali komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sigmat.

Langkah terakhir adalah merakit kembali komponen-komponen karburator seperti semula. Lalu, pasang karburator yang sudah bersih pada motor. Setel kondisi langsam motor pada saat mesin hidup. Setel spuyer angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor anda.

Setel juga baut langsam yang letaknya di pinggir karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal.Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah, sebab oli tak akan naik alias tidak terpompa bila putaran mesin rendah.

Nah, mudahkan merawat karburatonya. Sehingga, Sobat Zonbie bisa melakukannya senidir. Dengan karburator yang terawat, dipastikan tunggangan Sobat Zonbie tidak akan batuk-batuk lagi. Selamat mencoba!

Comments