Mengulik Harga Vespa Pertama Kali Dijual Kepasaran

Vespa sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat dunia, kali ini Zonbie mencoba mengulik harga Vespa pertama kali dijual. Vespa alias si ‘Lebah Besi’ merupakan sepeda motor jenis skuter yang tak pernah habis dimakan waktu. Hingga kini Vespa baik versi lama maupun baru, masih menjadi skuter idaman bagi para penggemarnya. Skuter ini merupakan produksi dari Piaggio yang berasal dari Italia.

Pertama kali menciptakan sepeda motor jenis skuter, Piaggio yang sebelumnya memproduksi pesawat terbang menggandeng insinyur ahli pembuat pesawat, yang bernama Corradino D’Ascanio untuk membuat desain sebuah kendaraan bermotor yang inovatif. Akhirnya terciptalah sebuah prototype Vespa yang diberi nama MP5 atau lebih dikenal oleh orang Italia dengan sebutan Paperino (artinya Donald Bebek) karena bentuknya yang seperti bebek.

Harga Pertama Kali Vespa Dijual

MP 5 Paperino – 1943

Namun, Enrico Piaggio sang pewaris perusahaan Piaggio tidak suka dengan model Vespa MP5 dan meminta Corradino D’Ascano untuk memodifikasi desain model Vespa MP5.

Pada dasarnya, Corradino D’Ascanio sendiri tidak suka dengan desain model motor yang umum. Hal ini dikarenakan, saat mengendarai sepeda motor yang secara bentuknya sudah umum, membuat pakaian menjadi kotor terutama celana yang sering terkena rantai dan mesin motor. Oleh sebab itu, dia membuat modifikasi desain kendaraan bermotor yang nyaman dan tidak membuat kotor. Akhirnya, Corradino pun membuat motor tanpa rantai dan mempunyai body cover pelindung di bagian depannya. Selain itu, dia juga meletakkan perpindahan gigi di bagian handlebar (stang) dan membuat roda depan mirip pesawat dengan satu garpu fork sehingga mudah diganti. Desain model Vespa ini diberi nama MP6 dan oleh Corradino D’Ascanio menyebutnya sebagai Vespa (bahasa Italia artinya lebah). Model desain inilah yang akhirnya menjadi model dasar Vespa hingga kini.

MP 6 Prototype – 1945

Pada bulan April 1946, sebuah model transportasi baru yang fungsional dan inovatif dipublikasikan pertama kalinya kepada masyarakat umum di acara Golf Club, Roma. Vespa memperkenalkan Vespa 98, skuter ini merupakan pengembangan dari versi prototype MP6. Dengan tameng yang dilengkapi dengan logo timbul guna menggantikan lambang Pesawat Piaggio pada Vespa MP6 sebelumnya, Vespa 98 menjadi langkah awal sebuah kesuksesan besar dan menjadi sorotan media massa. Vespa pun berhasil menarik perhatian publik, memberikan kejutan, namun juga keraguan. Saat itu, penjualan pertama Vespa bermula dari dealer kecil yang pertama kali dijual dijual ke pasaran dengan harga 55.000 Lira untuk model standar, sedangkan model deluxe dibanderol seharga 66.000 Lira. Jika di konfersi dengan nilai mata uang Rupiah saat ini, harga Vespa tersebut senilai dengan 890-an juta Rupiah.

Harga Pertama Kali Vespa Dijual

Vespa 98 – 1946

Setelah berhasil dengan project penjualan pertamanya tersebut, Vespa pun kembali mengembangkan produksi sepeda motor skuternya dengan beberapa versi. Pengembangan pun berlanjut dari tahun ke tahun, dan hingga saat ini Vespa tetap merajai dunia otomotif roda dua jenis skuter.

 

 

Comments
Shares