Menikmati Keunikan Budaya Suku Dayak Desa Pampang

Sobat Zonbie, jika sedang berada di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya ke Kota Samarinda, cobalah untuk mengunjungi Desa Budaya Pampang. Di desa ini Sobat Zonbie dapat melihat kehidupan keseharian suku asli Kalimantan yakni Suku Dayak Kenyah, dan atraksi kesenian tradisional mereka.

Desa Pampang sendiri merupakan sebuah desa budaya yang berlokasi di Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Desa Pampang merupakan objek wisata andalan kota Samarinda yang diresmikan dan dicanangkan sebagai Desa Budaya pada bulan Juni 1991 oleh Gubernur Kalimantan Timur pada saat itu.

Saat memasuki desa budaya ini, Sobat Zonbie langsung disambut dengan rumah adat yang disebut Lamin Adat Pamung Tawai. Rumah adat ini terbuat dari kayu Ulin dengan hiasan dan ukiran Dayak yang didominasi warna hitam, putih, dan kuning. Tak hanya itu, beberapa lapak tampak pula menjajakan pernak-pernik yang menjadi ciri khas budaya desa tersebut.

Jika Sobat Zonbie berkunjung pada akhir pekan, Desa Pampang akan menyuguhi tarian melibatkan seluruh masyarakat tua maupun muda. Untuk bisa menyaksikan pergelaran budaya tarian adat di Desa Dayak Pampang Samarinda ini pengunjung dikenakan biaya Rp 15.000 per orang.

Keberagaman budaya menjadi unggulan dari desa Dayak Pampang. Hal ini tampak dari banyaknya jenis tarian adat dari desa tersebut. Pada akhir pekan, beberapa jenis tarian dapat dinikmati oleh para wisatawan, antara lain tari Bangen Tawai, Hudoq, Kanjet Anyam Tali, Ajay Pilling, dan masih banyak lagi.

Sebagai wisatawan, Sobat Zonbie juga bisa berfoto bersama penduduk asli setempat, tentunya dengan mengenakan baju adat Suku Dayak. Bahkan, dapat pula berfoto bersama penduduk asli bertelinga panjang. Namun untuk yang satu ini, Sobat Zonbie akan dikenakan biaya tersendiri.

Comments
Shares