Menyalip Kendaraan Besar, Waspadai Blind Spotnya!

Touring atau berkendara keluar kota Sobat Zonbie pasti pernah bertemu dengan kendaraan besar seperti tronton dan bus. Bobot kendaraan tersebut yang berat membuat larinya tentu nggak sekencang motor.

Nggak heran kalau kita sering gemas dan ingin cepat-cepat menyalipnya. Tapi ada hal yang patut diperhatikan saat menyalip kendaraan besar. Karena nggak jarang, kecelakaan yang melibatkan motor dan kendaraan besar terjadi saat menyalip.

Salah satu yang sering diabaikan bikers adalah blind spot dari kendaraan besar. Sebaiknya sebelum menyalip kendaraan besar, pastikan dulu kondisi jalan dari arah depan aman. Kemudian saat menyalip, beri kode klakson agar supir mengetahui ada motor yang sedang menyalip.

“Klaksonnya nggak perlu panjang, tapi cukup sekali atau dua kali agar super menyadari adanya motor yang menyalip,” ucap Safety and Defensive Driving Consultant Indonesia (SDCI) Doddy Setiadi YP.

Hal ini menurutnya karena terkadang supir tak melihat posisi motor karena blind spot kendaraan besar tersebut. “Biasanya posisi blind spot ada di sisi ban. Atau di sisi supir,” paparnya.

Comments
Shares