Merawat Motor Supaya Lebih Awet, Lakukan 5 Langkah Ini

Merawat Motor Suzuki GSX-S300 Siap Diluncurkan

Setiap orang pasti ingin motornya awet, tak rewel dan performanya selalu optimal. Langkah utamanya, rurin merawat motor dan rutin mengecek kondisi motor.

Permasalahan yang timbul karena malas melakukan pemeriksaan dan merawat motor secara rutin tak cuma menimbulkan masalah pada performa motor, tapi juga keuangan. Pasalnya, komponen motor yang harusnya bisa lebih awet jadi cepat rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Nah.. Supaya hal itu tidak terjadi, lakukan langkah-langkah sederhana ini:

Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Oli yang baik akan menjaga komponen mesin dari gesekan berlebih, sehingga kerja mesin tetap optimal dan komponen mesin jadi lebih awet.

Seiring pemakaian, kemampuan oli melumasi komponen mesin akan berkurang. Karena itu perlu dilakukan penggantian secara berkala. Perlu diperhatikan juga, gunakan oli dengan spesifikasi sesuai anjuran.

Periksa Aki

Jika kinerja aki dirasa mulai lemah, segeralah menggantinya dengan yang baru. Aki yang lemah membuat asupan listrik ke motor khususnya motor-motor injeksi akan bermasalah. Komponen motor injeksi yang tak mendapatkan aliran listrik sesuai kebutuhan akan membuat motor sulit dinyalakan.

Satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki yang mulai melemah adalah melalui suara dynamo starter. Jika suara dynamo starter terdengar agak berat atau mengayun saat dinyalakan, itu artinya aki mengalami masalah.