Merawat Rantai Motor

Merawat Rantai Motor Agar Tetap Optimal, Bisa Dikerjakan Sendiri di Rumah

Rantai jadi salah satu komponen pekerja keras di sepeda motor. Komponen ini bekerja meneruskan putaran mesin ke roda belakang untuk menggerakan seluruh bagian motor, khususnya untuk tipe bebek dan sport. Karena itu, merawat rantai motor perlu dilakukan agar rantai selalu dalam kondisi baik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya merawat rantai motor dan menjaga kebersihannya agar fungsinya tetap optimal :

Bersihkan Secara Rutin

Selain ban, rantai adalah bagian motor yang paling mudah kotor karena lebih sering tekena debu, air dan bahkan lumpur. Rantai yang bersih akan menjaga performa rantai selalu dalam kondisi prima. Selain itu, motor juga akan terlihat bersih dan klimis.

Jangan lupa selalu lumasi rantai setelah dicuci dengan sabun agar sambungan mata rantai tak kering dan cepat aus.

Berikan Pelumas Khusus Rantai

Lumasi rantai motor hingga ke celah mata rantai dengan pelumas khusus rantai. Langkah ini membuat rantai tidak mudah aus. Selain itu, bisa membantu membersihkan kotoran maupun debu yang menempel pada rantai.

Jangan gunakan pelumas rantai dengan oli bekas, karena akan membuatnya mudah kotor dan membuat rantai jadi tidak awet.

Gunakan Sepesifikasi Sesuai Anjuran

Gunakan rantai dan gear asli sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan sepeda motor. Karena pabrikan telah menghitung rasio gigi di mesin dan di roda penggerak. Perubahan ukuran rantai dan jumlah mata gir akan berpengaruh pada performa motor.

Lakukan Penyetelan Secara Rutin

Kondisi rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur menimbulkan resiko rantai putus atau terlepas dari mata gir. Hal jelas berpotensi menimbulkan terjadinya kecelakaan. “Untuk jarak main bebas setiap motor berbeda-beda namun pada umumnya antara 20-30 mm hingga 25-35 mm. Disarankan pemeriksaaan dan penyetelan rantai roda dilakukan secara berkala,” buka Ade Rohman Asisten Manager Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Langkah perawatan rantai di atas bisa dilakukan sendiri di rumah dan tak memerlukan waktu yang lama untuk. Perlu diingat, gaya berkendara juga akan memengaruhi usia pakai rantai motor.

Comments