Merokok Saat Berkendara

Merokok Saat Berkendara Akan Ditindak Lewat Tilang Elektronik

Tak hanya menyasar pada pelanggar yang tidak memakai helm, melanggar marka jalan dan berhenti didepan garis stop, tilang elektronik juga akan diberlakukan bagi pemotor yang merokok saat berkendara.

Dilansir dari CNN Indonesia, Penindakan merokok saat bermotor akan masuk pada sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Kepala Operasional Satgas ETLE Kompol Arif Fazlurrahman menuturkan saat ini pihaknya tengah mengembangkan teknologi kamera ETLE. Pengembangan teknologi itu, lanjutnya, bertujuan agar kamera ETLE mampu merekam pengemudi motor yang merokok saat berkendara.

“Ini kita lagi kembangkan dulu teknologinya biar bisa meng-capture pengendara saat merokok,” ujar Arif.

Sebagaiman diketahui juga, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Perhubungan PM 12 Tahun 2019.

PM 12 tahun 2019 yang mulai diberlakukan per tanggal 11 Maret dimana dalam pasal 6 salah satu butirnya mengatakan “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor,” secara tegas menyatakan larangan merokok sambil mengemudikan sepeda motor.

Dalam Undang Undang No 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), larangan merokok tidak secara jelas diungkapkan dalam pasal 106 ayat 1 UU tersebut. Pasal tersebut hanya menegaskan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Comments
Shares