Mesin Overheat Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

mesin overheat
Ilustrasi: Mesin Overheat

Halo sobat zonbie sekalian, pernakah dari kalian mengalami mesin overheat pada motor yang kalian pakai? Kalau pernah, simak ulasan ini.

Ya. Pertama kalian harus tau apa itu overheat? Overheat adalah kondisi dimana mesin motor mengalami panas berlebih. Hal ini terjadi karena kurangnya perawatan dari si pengguna. Overheat terjadi hanya pada motor yang menggunakan sistem pendingin, namun tidak berfungsi dengan normal.

Biasanya keadaan mesin overheat membuat motor menjadi seperti kehilangan tenaga saat dikendarai. Selain itu, keadaan seperti itu juga bisa membuat motor kalian mengalami kerusakan yang makin parah apabila tidak segera diatasi.

Loading...


Berikut ulasan terkait overheat pada motor yang penting untuk dipahami.

Ciri-ciri Overheat

Ada ciri utama yang ada pada motor saat mengalami overheat, yaitu motor tidak dapat berjalan normal atau seperti tertahan saat digas.

Loading...


Mesin motor seolah mengalami kemacetan dan tidak memiliki tenaga untuk menggerakan ban. Kondisi seperti ini akan semakin parah apabila motor terus dipaksa untuk tetap berjalan.

Selain itu, ciri kondisi motor yang mengalami overheat adalah knalpot mengeluarkan asap ketika mesin menyala. Dan yang paling parah adalah adanya bau gosong pada asap yang keluar dari knalpot atau di sekitaran mesin.

Apabila kalian mengalami ciri-ciri tersebut, sebaiknya tidak memaksakan motor untuk tetap berjalan.

Loading...


Penyebab Overheat

Kondisi mesin overheat sangat membahayakan. Khususnya dengan mesin yang memiliki sistem pendingin. Untuk mengetahuinya perhatikan beberapa penyebab mesin overheat pada motor.

1. Clearence Piston Yang Terlalu Rapat

Loading...


Piston yang terlalu rapat menyebabkan clearence pada piston tidak bisa bergerak secara leluasa. Akibatnya adalah, kinerja dari piston tersebut tidak maksimal.

Apabila mesin semakin panas, piston akan memuai dan mengalami kemacetan saat dinyalakan.

2. Oli Tidak Mengalir

Loading...


Oli yang tidak mengalir dengan baik disebabkan oleh sistem pendistribusiannya yang tidak lacar. Akibatnya, komponen mesin yang lainnya tidak dapat dilumasi secara maksimal. Oli yang tidak mengalir secara teratur bisa membuat mesin mudah panas karena komponen mesin motor kering, sehingga semakin lama bergesekan akan semakin panas.

Setelah kita tahu penyebab overheat, selanjutnya kalian harus mengetahui cara mengatasi overheat saat motor digunakan. Kalian tidak perlu panik apabila motor tiba-tiba mengalami overheat.

MesinĀ  yang mengalami overheat akan mati tiba-tiba saat digunakan. Saat hal ini terjadi, kalian harus segera mematikan mesin motor. Selanjutnya, motor ditepikan agar aman dari pengendara lain dan tidak menggangu pengguna jalan yang lain.

Loading...


Hindari untuk langsung menstarter atau berusaha menghidupkan mesin saat terjadi overheat. Tunggu beberapa waktu agar suhu mesin menurun.

Bagaimana cara untuk mencegah agar motor tidak overheat saat digunakan? Berikut diantara cara mencegah mesin overheat.

  1. Mengganti Cairan Coolant Secara Teratur

2. Rajin Membersihkan Radiator

Loading...


3. Mengganti Oli Mesin Secara Teratur

4. Memilih oli dengan tepat

5. Mengecek Air Radiator

Loading...


6. Rajin mengecek suhu Radiator

7. Mengecek Fan Pada Radiator.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here