MIPS, Inovasi Baru Perlindungan Otak di Helm

Tahun ini di EICMA  yang digelar di Milan banyak memamerkan inovasi baru. Termasuk inovasi-inovasi helm baru, salah satunya adalah helm yang menggunakan fitur liner MIPS. Apa itu?

MPIS adalah singkatan dengan Multi-Directional Impact Protection system yang menjelaskan bahwa metode ini adalah kepala bisa menggerakkan liner yang ada didalam helm pada saat terjadi benturan saat terjadi kecelakaan.

“Kembali ke tahun 1990-an, bahwa ahli bedah syaraf yang menemukan bahwa banyak pasien-pasien yang ditanganinya mengalami cidera otak setelah mengalami kecelakaan sepeda motor sekalipun mereka sudah menggunakan helm,” jelas Greg Shapleigh salah satu dokter ahli bedah syaraf yang merupakan salah satu anggota dari dewan MIPS.

“Pada dasarnya karena helm tidak seutuhnya mampu melakukan tugasnya dalam melindungi kepala dan keterbatasannya. Maka diputuskan untuk melakukan sebuah inovasi untuk memaksimalkan fungsi perlindungan yang lebih baik. setelah melakukan penelitian-penelitian akhirnya ditemukan sebuah ide “slip plane” dan ide tersebut sekarang dikenal dengan sebutan MIPS,” jelasnya.

Memang, kebanyakan helm sudah melalui berbagai macam pengujian termasuk pengurangan transfer energi ke sensor yang ada pada helm yang dipasang dengan posisi 90 derajat. Pengujian ini untuk mengetahui bagaimana sebuah helm mampu melindungi tengkorak kepala dengan sempurna.

Dengan menggunakan helm yang menggunakan sistem MPIS, begitu kepala bergerak ke kananatau kiri maka liner yang ada di dalam helm ini akan selalu mengikuti gerakan kepala  yang selalu siap melindungi dari benturan yang terjadi.

Di mana MPIS ini bisa bergerak pada range 10 hingga 10 mm ke segala arah dipusat bagian benturan terjadi sehingga mampu mengurangi energi benturan dan melindungi otak hingga 40 persen.

Comments
Shares