Jusuf Kalla

Modif Cafe Racer Inilah Yang Telah Memikat Hati Jusuf Kalla

Usai membuka pameran IIMS dan mengunjungi booth Suzuki, langkah Wakil Presiden Jusuf Kalla pun terhenti di depan modifikasi Suzuki GSX-R150 Cafe Racer…

Ya, JK sempat terkesima melihat ujud Suzuki GSX-R150 yang sudah berganti rupa menjadi model Cafe Racer tersebut. Tidak ada satu patah kata pun keluar dari mulutnya, tapi JK cukup lama memandangi sosok cafe racer berbasis GSX series tersebut dibanding produk Suzuki lainnya.

Adalah Insan Motor, bengkel modifikas motor yang terletak di bilangan Jatiasih, Bekasi yang telah menyulap GSX-R 150 dari model sport menjadi cafe racer. Sebagai punggawa bengkel, Yustinus Erwan Santoso adalah konseptor dari modifikasi GSX Cafe Racer ini.

Menurut pria yang akrab disapa Om Yus ini, untuk menghasilkan model cafe racer yang telah memikat hati JK itu, dirinya harus merombak total hampir seluruh bodi motor bawaan GSX. Hanya bagian depan motor yang dipertahankan, seperti tangki bensin, setang dan speedometer.

Aliran cafe racer yang digarap Om Yus menggabungkan sosok motor lawas dengan motor modern seperti GSX-R 150. Dengan melepas fairing yang melekat pada motor sport anyar Suzuki tersebut dan mengubahnya menjadi cafe racer.

Untuk mengejar tampilan retro tapi tetap berkesan modern, Om Yus menyematkan lampu LED di bagian depan yang dipadu dengan tangki asli bawaan GSX-R 150. Pada buritan, ciri khas buntut tawon pada motor balap lawas melekat pada GSX Cafe Racer. Untuk bagian ini, Om Yus memaksimalkan rangka dengan memotongnya dan mengganti plat galvanis, agar posisi tidak lagi nungging.

Dalam menggarap modifikasi ini, Om Yus tidak banyak menyentuh bagian kaki-kaki. Lagi-lagi part after market dipercaya untuk mendukung velg 3 inch yang dibalut ban berukuran 110/70 R-17 untuk roda depan. Sedangkan roda belakang menggunakan velg 4,5 inch dibalut ban ukuran 160/70 R-17.

Pada sistem pengereman, roda depan menggunakan double cakram. Knalpot buatan tangan pun mengganti lubang gas buang bawaan pabrik, sehingga tampilan cafe racer pun semakin kental. Untuk proyek yang memang dibuat khusus untuk pajangan di IIMS 2017 ini, Om Yus hanya membutuhkan waktu satu minggu.

Comments
Shares