Sunday, January 17, 2021

Modifikasi Honda Monkey Pakai Teknologi 3D Printing

Teknologi membuat mudah segalanya. Termasuk modifikasi motor lho Sobat Zonbie. Inilah yang dilakukan Viba Jane Custom, bengkel custom yang bermarkas di Perancis dalam menggarap Honda Monkey ini.

Di mana bengkel tersebut bekerjasama dengan SLM Solution Group AG dan Rolf Lenk dimana keduanya adalah perusahaan terdepan yang berhubungan dengan masalah 3D Printing dan Laser Melting.

Walaupun 3D Printing merupakan sebuah sistem produksi yang cepat, namun biaya produksinya masih terbilang mahal. Apalagi untuk memproduksi jumlah yang banyak, biasanya produk 3D Printing ini digunakan untuk membuat prototype atau produksi yang jumlanyanya sedikit.

Tim Viba Jane sendiri mempertimbangkan bahwa hal ini adalah merupakan jembatan antara coachbuild tradisional dengan manufaktur di masa depan. Di mana nantinya, industri akan dengan menggunakan teknologi modern untuk menciptakan motor custom yang unik dan sangat detail.

Modifikasi sendiri dilakukan dengan 3D Printing SLM Technology. Di mana masing-masing parts terbuat dari bahan bubuk  alumunium alloy (AISi10mg).

Bahan tersebut kemudian dilebur dengan menggunakan laser untuk menghasilakan cetakan yang sempurna sehingga bentuk parts yang mungkin tidak bisa dibuat dengan teknik tradisional.

Komponen yang dibuat melalui 3D Printing ini antara lain tangki motor, fender depan, braket speedometer, tuas rem dan kopling dan rak depan motor.

Latest Update