Saturday, October 31, 2020

Modifikasi Yamaha RX-King Mini, Bikin Gemes

Jika umumnya operasi dilakukan untuk memperbesar sesuatu, RX-King yang telah melewati serangkaian operasi bedah sekitar 8 bulan berubah jadi Yamaha RX-King Mini.

Motor yang telah melewati cara-cara keji perbengkelan seperti potong-memotong rangka, biasanya akan menghasilkan motor yang membuat kagum yang melihat, khususnya mereka para pecinya modifikasi. Karena biasanya, hasil akhir akan sangat berbeda dengan wujud aslinya.

Namun berbeda dengan motor satu ini, yang justru malah bikin ‘gemesss’.

Yamaha RX-King Mini

Yups, konotasi motor jambret seketika lenyap saat melihat Yamaha RX-King lansiran 2003 garapan Bake Bike Bandung (Garage 69). Jika umumnya operasi dilakukan untuk memperbesar sesuatu, RX-King yang telah melewati serangkaian operasi bedah selama 8 bulan lamanya malah mengecil. Postur tubuhnya yang atletis dan sporty berubah jadi imut.

Bake Bike Bandung menjelaskan, operasi mengecilkan RX-King ini merupakan permintaan seorang teman di Semarang. Pemilik ingin sesuatu yang berbeda. “Pemilik motor ingin punya RX-King Mini. Biar keliatan berbeda, yaa mungkin juga terlihat nyeleneh,” ujar AS punggawa Garage 69.

Secara keseluruhan, wajah Yamaha RX-King Mini terlihat tak banyak berubah. Tapi secara postur jadi mengecil. “Hampir semua yang ada di RX-King Mini ini ori punya RX-King,” tegas AS.

Yamaha RX-King Mini

Itu artinya, AS memangkas semua ukuran komponen asli menjadi lebih kecil. Rangka, tangki bensin, suspensi depan, semua dipotong untuk mendapatkan ukuran yang diinginkan. “Iya, komponen aslinya dipotong, termasuk suspensi depan dan tangkinya”.

“Tangki dipotong-potong dan disusun kembali seperti bentuk aslinya, cuma ukurannya jadi lebih kecil. Begitu juga suspensi depannya, kita potong bagian bottomnya untuk menyesuaikan postur RX-King Mini yang mau kita bangun. Cuma suspensi belakang aja yang kita ganti dengan punya Gas Gas”.

Bengkel yang bermarkas di Kp. Sukamaju RT 02/10 Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Bandung, menyulapnya jadi berukuran 12 inch. “Pelek dan jari-jarinya kita pakai produk after market. Untuk ukuran kita pakai 12 inch,” jelas AS.

Yamaha RX-King Mini

Garage 69 memang sering menggarap motor-motor berukuran mini seperti Yamaha GT90 atau Suzuki RV90, tapi hanya sebatas restorasi dan perbaikan saja. Pekerjaan mengecilkan ukuran RX-King adalah projek pertamanya. “Ini pertama kali. Tapi kita berusaha untuk mewujudkan keinginan pemilik motor. Makanya waktu pengerjaannya cukup lama, sampai 8 bulan.”

“Pertama kita bikin kaki-kaki terus berlanjut ke suspensi dan setelah itu baru kita garap rangkanya. Karena kita belum pernah melakukan perkerjaan ini, butuh waktu untuk menemukan ukuran yang sesuai di tiap komponennya. Makanya kadang ada proses pemotongan yang dilakukan lebih dari sekali,” pungkas AS.

Gimana Sobat Zonbie, mau dikecilin juga..?

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update

Ulang Tahun BLOG Dirayakan Dengan Kegiatan Sosial dan Ganti Kapten Baru

Bekasi Lexi Owner Group (BLOG), rayakan hari ulang tahunnya yang ke-2. Perayaan ulang tahun BLOG digelar di Kedai Pojok, yang berada satu gedung dengan...

Rombongan Oknum Bikers Pengguna Moge Keroyok Anggota TNI, Minta Maaf Tidak Pakai Aksi Materai

Sebuah video viral ramai jadi pembicaraan netizen di sosial media. Rombongan oknum bikers penguna motor gede (moge) asal Bandung, mengeroyok dua anggota TNI di...

Suzuki Nex II Warna Baru Makin Dinamis dan Stylish

Pekan ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Suzuki, hadirkan warna-warna baru untuk beberapa varian motor Suzuki. Setelah Suzuki...

Lampu Sein JPA Cyber Bikin Tampilan All New NMax Makin Modis

GMA Product Series, kembali hadirkan aksesoris terbaru untuk Yamaha All New NMax 2020. Lampu sein JPA Cyber bakal membuat tampilan Yamaha NMax Sobat Zonbie...

Warna Baru Suzuki Address FI Makin Matang dan Dewasa

Setelah sebelumnya menghadirkan warna baru pada Suzuki All New Satria F150 dan Suzuki GSX-R150, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga menghadirkan penyegaran warna baru...