MotoGP Jerez

MotoGP Jerez, Dani Pedrosa Juara Valentino Rossi Merana

Wuuuzzzz… Para pebalap MotoGP mulai meninggalkan grid seiring padamnya lampu berwarna hijau di sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu 7 Mei 2017. Tak perlu menunggu lama, Johan Zarco langsung lakukan show memukau di hadapan jutaan pasang mata pecinta MotoGP di seluruh dunia.

Memulai balapan dari posisi 6, Zarco melesat pasti melewati satu-persatu pebalap yang ada di depannya, korban pertamanya adalah Valentino Rossi. Saat melewati Rossi, lensa kamera yang menyiarkan balapan kelas dunia secara langsung itu pun terus mengarah padanya.

Usai mengasapi Rossi, Zarco kembali beri pertunjukan fenomenal dengan melewati rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales. Tak butuh banyak waktu, Zarco kembali melewati pebalap lain dan kali ini korbannya adalah Cal Cruthclow. Tak hanya itu, Zarco pun sukses melewati Marc Marquez yang ada di belakang Dani Pedrosa, dan Zarco pun menempati posisi kedua. Tapi Marquez tak mudah ditaklukan. Balapan di hadapan publiknya senderi, Marquez pun kembali merebut posisi yang dirampas Zarco.

Sayang, pertunjukan Zarco cuma sampai di situ, padahal ada 23 laps tersisa yang harus dia selesaikan. Sisanya, Zarco tak melakukan pergerakan memukau.

Seperti biasa, jika sudah jauh di depan Dani Pedrosa akan terus melesat dan susah buat dikejar. Memanfaatkan ban depan dengan kompon hard dan belakang medium, Pedrosa berhasil menmukan ritme balapan dengan apik. Itu yang terlihat, walau kenyataannya dia harus berjuang keras melawan kondisi trek yang terus menggerus bannya.

Pedrosa mengakui sebenarnya dia ingin berlari lebih cepat lagi, tapi kondisinya sangat sulit dan dia bilang kalau balapan itu sangat berat.

Marc Marquez yang memanfaatkan ban kompon hard di depan dan belakang harus berjuang di awal-awal balapan. Sayangnya, setelah ban hard nya mulai bekerja baik, Dani Pedrosa sudah jauh melesat dan sulit di kejar.

Yang tak kalah menarik adalah pergerakan Jorge Lorenzo. Balapan di kandang dan di hadapan publik Spanyol jadi motivasi untuk membuktikan bahwa ia masih punya taji. Balapan di Spanyol pakai motor Italia, ia mampu membawa Ducati ke podium setelah tiga seri sebelumnya mantan pebalap Yamaha itu dibuat merana oleh Desmosedici GP17.

Yang aneh justru para pebalap pabrikan Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Kedua pebalap yang bersinar di dua seri pembuka malah terlihat seperti matahari di sore hari, Rossi dan Vinales terbenam oleh kekuatan trio Spanyol yang meraih podium 1,2 dan 3. Jangankan mendekat ke duo Honda, pebalap Yamaha Tech 3 Johan Zarco pun tak mampu mereka sentuh.

Bahkan Rossi tampak tak berkutik berhadapan dengan Vinales dan Andrea Dovizioso. Parahnya lagi, bitang MotoGP yang tak lagi muda itu pun kerepotan menghadapi Danile Petruci, Jonas Folger dan bahkan kalah dari pebalap Aprilia Aleix Espargaro. Performa duo Yamaha berbanding terbalik dengan duo Honda kali ini.

Pedrosa, Marquez dan Lorenzo yang mana ketiganya adalah warga Spanyol mengakhiri balapan di podium. Namun demikian, klasemen sementara masih dipimpin oleh Valentino Rossi, tapi selisihnya sangat tipis.

 

Comments
Shares