Wednesday, April 14, 2021

Motor 2-Tak Menolak Punah, Jadi Tren Lagi Sob!

Seolah sedang bernostalgia, tren motor 2-Tak kini kembali ramai. Tenaganya yang buas, bobot mesin yang ringan, serta suaranya yang garing menjadikan motor 2-Tak menolak punah dan kini digandrungi kembali.

Kini motor-motor tersebut nyaris punah lantaran pemerintah melarang pabrikan motor memproduksi lagi mesin 2-Tak. Alasannya, antara lain, emisi gas buang motor jenis ini dinilai tak ramah dengan lingkungan.

Nah buat Sobat Zonbie yang kangen motor 2-tak yang pernah merajai jalanan di Indonesia berikut zonabikers.com ulas kembali motor-motor keren bermesin 2-Tak tersebut.

Motor 2-Tak

1. Suzuki RGR 150

Motor lansiran Suzuki ini pernah jadi ikon pada jamannya. Motor ini memiliki kapasitas mesin mencapai 147cc dengan transmisi enam percepatan dan mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 26,5 PS. Untuk kapasitas tangki bensinnya mencapai 11 liter. Ada dua teknologi ala Suzuki yang disematkan ke motor ini, yaitu Suzuki Intake Pulse Control (SIPC), tekonologi ini berfungsi untuk mengontrol masuknya bahan bakar yang dibutuhkan mesin.

Teknologi lain yang disematkan adalah Suzuki Super Scavenging System (SSS) yang berfungsi memberi asupan udara yang lebih besar ketika mesin membutuhkannnya di putaran tinggi. Motor ini pun pernah mengalami tiga kali perubahan desain bodi dari tahun 1989-2000. Sayang sekali motor ini sudah sangat langka di jalanan saat ini.

Latest Update