Motor Dengan ECU Standar Ikut Balap? Kenapa Tidak!

Modifikasi motor balap injeksi kerap mengandalkan ubahan settingan melalui penggunaan ECU racing atau piggyback. Tapi jangan salah, ternyata ECU standar bawaan motor ternyata bisa dimapping ulang.

Hal ini sudah sering di praktekkan oleh bengkel Pro Tuner di Bali yang turun di ajang Yamaha Sunday Race 2018 dengan mengandalkan Yamaha R25. Untuk ‘mengacak-acak’ settingan ECU standar, dibutuhkan software khusus yang jadi rahasia daput Pro Tuner.

“Fiturnya sudah sangat lengkap kok, mulai mapping bahan bakar,geser limiter RPM, mapping pengapian, suhu penyalaan kipas radiator hingga injector timing bisa diprogram ulang “ buka Athanasius Ketut Hargunanto, owner sekaligus mekanik bengkel Pro Tuner.

Untuk fuel Map atau mapping bahan bakar fiturnya sangat komplit, fuel map nya bisa berdasarkan presentase bukaan gas vs RPM, voltase TPS vs RPM dan kevakuman Intake vs RPM, itupun per silinder bisa dibuat berbeda lho. “Bahkan untuk standartnya pun mapping silinder 1 dan 2 sudah berbeda,“ jelas Ketut sapaanya.

Selain supply bahan bakar, fitur menarik lain adalah pengapian pun bisa dinaikkan atau diturunkan derajatnya sesuai kebutuhan dan per RPM. Dan mapping antara gigi netral dan lainnya pun bisa dibedakan.

Nah, selain pengapian dan bahan bakar, limiter RPM pun bisa diprogram sesuai kebutuhan, misal di Ninja 250 seperti di video. Dan suhu kipas radiator mulai menyala pun bisa kita program, misalnya kipas radiator asli Ninja 250 FI yang standartnya menyala di suhu 100 – 105 ? bisa dirubah ke 95 atau 100.

Bagi yang sudah ganti camshaft, injektor timingnya pun bisa dirubah mengikuti derajat bukaan camshaft yang baru. Bahkan sensor O2 nya bisa dinonaktifkan atau open loop.

Namun untuk saat ini ECU yang bisa ditangani baru beberapa brand, untuk Brand Kawasaki, milik Ninja 250 FI 2013 – 2015, Ninja 300, ER6N, Versys 650, Ninja 650 sudah bisa diprogram ulang.

Sedangkan merek Yamaha, saat ini baru milik YZF R25. Dan untuk Honda milik CBR1000R bisa diprogram ulang.

Untuk masalah biaya tergantung dari motornya, untuk lebih jelasnya bisa kontek ketut di 0813 3837 9008 atau yang berdomisili di Bali bisa langsung ke Pro Tuner di jl. By Pass Ngurah Rai No 16( pertokoan Citra Bali Ruko No 5 ). Tuban Kelan, Badung. Berminat?

Comments
Shares