Motor Listrik Kayu Tenaga Surya Buatan Anak Muda Dari Afrika

Motor Listrik Kayu

Motor listrik semakin populer belakangan ini, karena lebih ramah lingkungan alias tanpa emisi.

Tapi pada kenyataannya, motor listrik masih memberi dampak pada emisi dengan meninggalkan carbon footprint atau jejak karbon meski tak secara langsung. Pun demikian, kendaraan bertenaga listrik jelas jauh lebih bersahabat dibanding kendaraan konvensional.

Hal ini terjadi karena kebutuhan sumber energi, seperti listrik misalnya, sebagian besar masih menggunakan bahan bakar fossil untuk kerja pembangkitnya.

Loading...


Motor Listrik Kayu

Belum lama ini, seorang pemuda asal Ghana, Afrika Barat, membuat motor listrik yang menggunakan sumber tenaga surya.

Samuel Aboagye berhasil bikin kagum banyak orang. Ia membuat motor listrik dari barang bekas. Dia juga memanfaatkan rangka sepeda bekas untuk membuat rangka motor listrik buatannya yang dibalut dengan bodi dari kayu yang sudah tak terpakai.

Loading...


Yang menarik, awalnya dia menggunakan 20 unit baterai smartphone untuk menggerakan motor listriknya. Pada pengoperasiannya, ia merasa penggunaan baterai smartphone kurang maksimal.

Motor Listrik Kayu

Akhirnya ia mengganti baterai tersebut dengan baterai mesin jahit milik ibunya.

Loading...


Untuk mengisi daya baterai tersebut, ia menggunakan solar cell atau panel surya untuk menangkap cahaya matahari yang ia tempatkan di bagaian belakang.

Motor Listrik Kayu

Pemuda berusia 17 tahun itu mengklaim bahwa dengan memanfaatkan panel surnya, motor listriknya yang terlihat unik dan sederhana bisa ia gunakan selama seminggu sebelum mengisi ulang tenaga baterainya.

Loading...


Tak kalah keren dengan motor-motor pabrikan, Samuel menyematkan fitur speaker blue tooth dan radio utuk mendengarkan musik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here