Motor Mau Kencang Tanpa Bore Up, Simak ini!

bore up
Ilustrasi : Mesin bore up, foto: Ahmad

Sepeda motor sebagai salah satu kendaraan yang paling populer dan memiliki market paling tinggi dalam dunia otomotif memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kendaraan lainnya.

Diantara beberapa kelebihan tersebut, salah satunya adalah kemudahan dalam modifikasi.

Modifikasi ialah proses untuk mengubah sepeda motor menjadi bentuk dan performa yang diinginkan oleh setiap orang secara custom dari kondisi standar sesuai spesifikasi dari pabrikan.

Loading...


Memodifikasi sepeda motor dirasa lebih mudah dibandingkan dengan modifikasi kendaraan lain seperti mobil.

Modal yang harus disediakan tidak terlalu besar, spare part yang beragam dari harga murah hingga sangat mahal, mudahnya memahami mesin sepeda motor dibandingkan mesin mobil yang kompleks, serta membongkar sepeda motor bukanlah perkara yang rumit karena sangat mudah dipelajari secara cepat.

Dalam prosesnya, modifikasi banyak dilakukan untuk dua hal yakni meningkatkan performa mesin menjadi lebih kencang dan lebih baik ataupun merubah bentukan design keseluruhan atau sebagian dari sepeda motor tersebut.

Loading...


Untuk mengubah mesin motor dapat memiliki performa yang baik bisa dilakukan dengan cara bore up namun tentunya memiliki kelemahan dan efek buruk bagi motor.

Demi mencegah dampak negatif tersebut, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu modifikasi motor tanpa harus menggunakan proses bore up.

Baca juga :Ini Fungsi Dan Cara Kerja Ring Piston

Loading...


1.Merawat motor

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah merawat motor dengan baik

2.Memodifikasi Karburator

Loading...


Modifikasi bagian karburator berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke bagian pembakaran mesin adalah dengan mengubah sedikit setingan dengan memperbesar jalur pasokan bahan bakar serta membuat kompresi udara lebih sedikit.

Dalam setting tersebut, perhatikan agar tetap memastikan mesin motor berfungsi dengan baik serta stabil.

3.Mengganti CDI

Loading...


CDI atau capasitor dischange ignition merupakan komponen sepeda motor dengan fungsi mengatur pengapian pada mesin sepeda motor.

CDI settingan pabrikan biasanya memiliki batasan untuk menjadikan pengapian dalam proses pembakaran kurang maksimal.

Bagi yang sudah memiliki pemahaman lebih terhadap perubahan setting CDI dapat mengubahnya agar pengapian menjadi maksimal.

Loading...


Untuk yang tidak memahaminya dengan baik, mengganti CDI standar dengan CDI Racing yang memang sudah dimodifikasi dapat membantu meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik lagi dari motor standar.

4.Mengganti Gear Sepeda Motor

Langkah selanjutnya untuk menjadikan motor lebih cepat dan kencang yakni dengan mengganti gear sepeda motor.

Loading...


Pilihan setting gear dapat menjadikan motor lebih kencang adalah mata 15 keatas untuk gear depan dan mata 37 kebawah untuk gear belakang.

Agar motor lebih bertenaga ganti dengan gear depan 15 dan gear belakang mata 40. Penggantian tersebut akan menjadikan fungsi gear pada sepeda motor optimal.

5.Ganti bagian penyalur tenaga mesin untuk mengerakan roda

Loading...


Menganti bagian penyalur tenaga mesin untuk mengerakkan roda yang disebut rantai pada motor manual dan vanbelt untuk motor matic.

Mengganti dua komponen sepeda motor tersebut dengan memilih jenis yang memang khusus untuk racing akan memberikan dampak positif pada performa motor.

6.Gunakan bahan bakar terbaik

Loading...


Selain menggubah settingan dalam komponen mesin sepeda motor, cara lain yang cukup penting namun terkadang terlewat adalah dengan menggunakan bahan bakar berkualitas baik.

Tujuannya agar pembakaran yang terjadi dapat berlangsung secara sempurna dan tentunya nilai energi yang dihasilkan lebih besar.

Bahan bakar yang disarankan untuk dapat membantu memberikan performa lebih baik pada sepeda motor adalah bahan bakar dengan nilai oktan tinggi.

Loading...


7.Ganti komponen dengan tipe racing

Beberapa hal lain yang juga dapat dilakukan untuk membantu motor modifikasi berperforma optimal yakni dengan mengganti beberapa komponen mesin yang awalnya standar menjadi tipe racing. Komponen yang dapat diganti dengan tipe racing tersebut diantaranya Oli, Busi dan Noken as.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan dalam cara membuat motor kencang tanpa bore up.Semoga bermanfaat

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here