Motor Moto2 Triumph VS Honda, Siapa Lebih Kencang?

Seperti Sobat Zonbie ketahui, musim balap 2019, kelas Moto2 akan berganti supplier mesin dari Honda ke Triumph. Salah satu persiapan menjelang penggunaan mesin Triumph tersebut adalah tes trek.

Dan beberapa waktu lalu, pabrikan sasis Kalex turut menguji kemampuan motornya untuk musim 2019 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol.


Lalu apakah mesin yang kini ditenagai mesin 3-silinder 765 cc akan lebih kencang dari mesin 600 cc 4-silinder dari Honda yang dipakai sejak 2010 lalu?

Ternyata test rider, Jesko Raffin membuat catatan mengesankan dengan mencetak 1 menit 36,6 detik. Hasil ini lebih kencang 0,3 detik dari catatan waktunya di atas motor Moto2 bermesin Honda.

Namun, apakah secara keseluruhan catatan waktu Jesko Raffin memperlihatkan hasil yang lebih baik? Belum tentu, karena dari rekor Moto2 di sirkuit Valencia, motor bermesin Honda yang ditunggangiJohann Zarco mampu mencetak 1 menit 34,879 detik.

Sedangkan raihan waktu Raffin juga masih kalah 1,3 detik dibelakang catatan tercepat di sesi balap musim lalu.

Hanya saja, potensi Moto2 Triumph untuk lebih kencang masih sangat terbuka. Hal ini karena sederet komponen balap belum dipasang di motor tersebut.

Seperti disampaikan Kalex CEO, Alexander Baumg√§rtel. “Untuk tes kali ini kami masih memakai komponen standar, seperti pada mesin, elektronik dan koplingnya. Sejauh ini kami puas dengan hasil tes ini,” paparnya.

Comments
Shares