Tuesday, April 20, 2021

Motor Pakai Oil Catch Tank, Fungsi Atau Cuma Gaya?

Oil catch tank umumnya ditemukan pada mobil yang diperuntukkan untuk kebutuhan balapan. Perangkat ini berfungsi untuk menampung uap oli dan hawa mesin untuk kemudian dibuang ke udara lepas.

Perangkat ini juga berfungsi supaya uap oli tidak mengotori ruang mesin dengan mengalihkan uap oli yang masuk ke ruang bakar.

“Umumnya selang hawa dari kop head dialirkan ke box filter udara,” buka Wisnu Adi Saputro juragan bengkel Rakyat Sinting Matic Shop (RSMS) di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

“Ini kita bicara kondisi open filter dimana motor sudah menggunakan intake downdraft. Jadi selang hawa tadi kita ganti dengan selang silikon diarahkan ke lubang (IN) Catch Tank. Di lubang keluar kita sambungkan lagi dengan selang silikon yang diarahkan ke velocity di throttle body.”

Selain sebagai penangkap uap, lanjut lelaki yang akrab disapa Inu, Oil Catch Tank juga berfungsi untuk mengontrol atau mengetahui kondisi ruang bakar mesin.

“Jika mesin dalam kondisi normal, maka Oil Catch Tank yang dibuat dengan cover transparan ini, akan terlihat uap atau titik-titik embun di dalam perangkat ini.”

“Tapi jika kondisi mesin tak normal seperti ada masalah pada seher, ring seher, bos klep dan sebagainya, maka hawa mesin yang harusnya berupa embun akan berwarna gelap atau bercampur oli.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update