Faraday

Motor Sepeda Listrik Faraday Ikut Tampil di GIIAS 2017

Pada perhelatan ajang pameran World Class Auto Show, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pada segmen kendaraan roda dua tidak hanya dihiasi oleh jajaran kendaraan otomotif roda dua pada umumnya saja. Namun, terdapat pula kendaraan roda dua yang memiliki sumber dayanya berasal dari listrik. Kendaraan ini, umumnya disebut motor sepeda listrik.

Salah satu produsen motor sepeda listrik yang turut hadir di GIIAS 2017 adalah Faraday. Yang mengambil lokasi booth di hall 3 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten. Ketika Sobat Zonbie memasuki booth Faraday, akan terlihat sosok skuter model klasik dan modern berwarna hitam doff yang sumber tenaganya menggunakan motor listrik.

Robin dan Seahawk begitu julukan untuk skuter listrik ini. Skuter berbobot 87 kg ini diproduksi oleh Faraday Electric Vehicle (EV) dari Surabaya, Jawa Timur. Skuter listrik ini diluncurkan pada bulan Mei lalu di Surabaya, Layaknya sepeda motor pada umumnya motor listrik ini juga dilengkapi dengan speedometer, lampu sign dan lampu rem serta fitur-fitur lainnya.

Motor listrik ini memiliki kecepatan maksimal 40 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 60 km. Sementara untuk pengisian baterai sebesar 48V 20Ah yang disematkan pada motor listrik ini memerlukan waktu 6 jam lamanya. Roda yang dipakai Robin dan Seahawk berukuran 10 inci dengan rem cakram pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakang. Layaknya motor listrik lainnya, tak ada starter untuk menghidupkan motor listrik ini, Sobat Zonbie hanya tinggal gas lalu langsung jalan.

“Saat tuas rem ditarik, motor listrik 800 Watt ini langsung mati. Namun saat gas kembali diputar, mesin pun langsung menyala. Ini merupakan salah satu keunggulan dari produk Faraday untuk menghemat baterai,” ujar M Arif Syaifuddin, Sales & Marketing Manager PT Faraday Motor Indonesia.

Selama pameran GIIAS 2017, Faraday juga menyediakan unit test ride yang berada di area test ride GIIAS. Untuk harga yang diberikan, Faraday melabel varian Robin dengan harga Rp 12 Juta sementara untuk varian Seahawk Faraday membanderol dengan harga Rp 15 Juta. (Reza Agis)

Comments
Shares