Shell Advance AX5 dan AX 7 Scooter

Motor Skutik Pakai Oli Mobil, Aman Gak Yah..?

Kamu pasti pernah punya pertanyaan “boleh gak sih oli mesin mobil dipakai di mesin skutik? Sama, ZonbieDC juga pernah punya pertanyaan kayak gitu.

Ternyata jawaban yang didapat masih membingungkan. Ada yang bilang boleh dan ada juga yang bilang nggak boleh. Alasannya macam-macam. Ada yang bilang karena kerja mesin mobil tak seberat mesin motor [mesin motor bekerja di rpm lebih tinggi]. Ada lagi yang bilang kalau kandungan aditif oli mobil berbeda dari oli motor.

Kalau yang bilang boleh, umumnya berdasarkan pengalaman pribadi. Bertahun-tahun pakai oli mobil di motornya tapi nggak pernah ada masalah. Hmmm, makin bingung kan?

Seperti yang diceritakan Yusuf Arief dari Kutu Community. Lelaki yang jadi Sekjen Kutu Community itu sejak lama menggunakan skutik sebagai alat mobilitasnya, bahkan sejak skutik belum setenar sekarang.

“Saat skutik Kymco muncul, dulu kan nggak ada oli khusus skutik, yah saya pakai oli mobil buat skutik, baik-baik aja tuh. Nggak pernah ada masalah,” cerita Yusuf.

“Bahkan sekarang pun nggak sedikit teman-teman komunitas Kutu yang pakai oli mobil buat motor skutiknya,” tambah Yusuf.

Kebetulan, ZonbieDC juga sempat berbincang santai dengan tim Shell Lubricants Indonesia di Jakarta. Dikatakan Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, Shofwatuzzaki, penggunaan oli mobil di mesin skutik tidak masalah. Apalagi oli mobil tersebut punya spesifikasi SAE yang sama. Cuma nih, kata lelaki yang akrab disapa Zaki, dari segi ekonomis nggak akan maksimal.

“Pakai oli mobil sebenarnya tidak ada masalah, tidak ada yang melarang juga, kecuali pembuat mesinnya. Cuma, kalau beli oli mahal tapi manfaatnya sedikit di motor skutik, kan sayang,” kata Zaki.

Zaki juga menjelaskan, khusus motor skutik, proses pembuatan oli nya harus ada pengetesan friction. Makanya Zaki menyarankan bagi pengguna motor skutik, pakailah oli sesuai spesifikasi yang dianjurkan.

Dampak tekniknya memang nggak akan terlihat secara langsung, misalnya akan membuat mesin rusak. Tapi yang pasti, kalau spesifikasinya nggak sesuai, ke depannya pasti akan berpengaruh pada performa dan rasa berkendara yang kurang enak. Kalau udah gitu, ujung-ujungnya konsumsi bensin malah jadi boros.

Masalah rasa berkendara yang kurang enak, Zaki menjelaskan dengan perbedaan pengguna mobil dan motor.

Kalau kamu mengendarai mobil yang kinerja mesinnya kurang maksimal lantaran olinya tak sesuai, kamu nggak akan merasakan dampaknya secara langsung.

“Pengemudi dan mesin ada di ruang terpisah. Orangnya ada di bagian dalam yang lebih sunyi, suhu adem dan nyaman. Jadi tak akan merasakan dampaknya secara langsung. Beda dengan motor dimana mesinnya tepat berada di bawahnya atau dekat kakinya.”

Lebih lanjut Zaki mencontohkan, kalau mesin kurang perform, suhu mesin tinggi, pengendaranya akan merasakan secara langsung. Langsung dengar suara mesin meraung tapi larinya kurang. Suhu panas berlebih dari mesin akan dirasakan langsung di kaki atau pahanya.”

“Orang kalau bawa mobil, oli tidak perform tidak terasa karena pistonnya banyak. Mesin sama orang juga terpisah. Kalau mesin motor kan tepat di bawah tempat duduk kita. Kalau tenaga kurang, ikut ngeden. Kalau putaran kurang kencang juga bikin pegal. Oli motor skutik kan dbuat friksinya rendah supaya orang enjoy,” paparnya.

Shell sendiri punya oli khusus skutik yaitu Shell Advance AX7 Scooter dengan spesifikasi API SM, JASO MB, SAE 10W-40. Dan Shell Advance AX5 Scooter SAE 15W-40

Oli ini diformulasikan dengan Shell Active Cleansing Technology yang membantu mencegah penggumpalan partikel kotoran yang membentuk endapan di mesin.

Comments