Motor Terendam Banjir? Begini Penanganannya

Motor Terendam Banjir

Banjir besar yang melanda wilayah Jabodetabek pada hari pertama awal tahun 2020, menyebabkan banyak permasalah. Salah satunya adalah motor yang terendam banjir.

Untuk motor yang terendam banjir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemiliknya sebelum menyalakan kembali motornya. Apa saja? Simak uraian dibawah ya Sob!

Baca juga : FORBITAS Cepat Tanggap Bantu Korban Banjir

Loading...


Jangan panik

Hal yang pertama Sobat Zonbie lakukan adalah membawa motor yang habis terendam air ke tempat yang lebih aman. Janga panik dan jangan langsung mencoba menyalakan kembali motor Sob.

Cek pengapian

Loading...


Yang pertama mesti dilakukan adalah cek pengapian, buka terlebih dahulu busi dan periksa kondisi pengapiannya. Pastikan pengapian yang dihantarkan melalui busi berfungsi normal.

Periksa filter udara

Bisa dikatakan filter udara tidak bisa terkena air. Buka filter udara dan coba keringkan jika memang kondisinya basah. Jangan menyalakan motor jika kondisi filter udara masih basah.

Loading...


Periksa knalpot

Knalpot pada sepedamotor dapat menyimpan air saat motor terendam banjir. Usahakan agar knalpot tidak menyisakan air didalamnya sesaat sebelum menyalakan motor.

Nyalakan motor

Loading...


Setelah melakukan beberapa pemeriksaan dan penanganan diatas, cobalah untuk menyalakan motor. Pastikan langsam gas stabil saat motor sudah menyala. Jangan langsung jalan setelah motor menyala, beri kesempatan bagian-bagian motor yang basah mengering terlebih dahulu.

Apabila motor tidak menyala usai dilakukan penanganan seperti diatas, coba ulangi tahapannya tadi. Jika tidak menyala juga segera ke bengkel terdekat untuk memeriksa bagian dalam mesin motor.

Loading...