Musim Hujan, Waspadai Shockbreaker Depan Mudah Rusak

Shockbreaker Depan

Musim hujan mulai tiba Sob, Sobat Zonbie perlu waspadai beberapa komponen motor yang bisa rusak akibat hujan. Salah satu komponen motor yang mudah bermasalah adalah shockbreaker depan.

Penyebab shockbreaker depan rusak akibat hujan adalah karena adanya kotoran yang menempel. Ketika riding saat hujan atau setelah hujan, motor Sobat Zonbie terkena cipratan air hujan atau air genangan hujan yang mengandung kotoran seperti pasir dan kerikil halus.

Kotoran yang menempel pada baian as (batang) shockbreaker depan dapat merusak bagian sil shockbreaker. Tanda-tanda sil shockbreaker rusak adalah adanya oli shock yang bocor atau merembes. Jika membiarkan kotoran menempel pada as shockbreaker, selain sil yang rusak as shockbreaker juga bisa baret dan menimbulkan oli bocor atau rembes juga.

Baca juga : 4 Jenis Jaket Riding Yang Mesti Sobat Zonbie Ketahui

Jika sil maupun as shockbreaker sudah rusak sebaiknya segera menggantinya dengan yang baru, agar shockbreaker tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Guna menghindari hal ini, sebaiknya Sobat Zonbie segera bersihkan motor sesaat setelah riding saat hujan atau setelah hujan. Hal ini untuk menghindari kotoran menempel pada bagian komponen tertentu yang bisa merusak komponen tersebut.

Comments are closed.