MV Agusta F4Z, Kuatnya Pengaruh Rumah Desain Zagato

Beberapa waktu lalu MV Agusta mulai merilis teaser sosok superbike cantik tapi bengis yang belakangan diketahui bernama F4Z. Sosok ini dijadwalkan rilis pada 4 September 2016 mendatang.

Dan baru-baru ini, MV Agusta merilis gambar utuh sosok superbike hasil kolaborasi tersebut. Si cantik tapi bengis itu adalah hasil kolaborasi MV Agusta dan rumah desain Zagato.

Sosoknya benar-benar keluar dari pakem desain MV Agusta yang selama ini dirilis produsen motor Italia tersebut. Meski F4Z dikembangkan dari basis F4, nyaris nggak ada lagi ciri khas sentuhan mendiang Claudio Castiglioni.

Jika disanding dengan F4? Hanya salah satu paduan warna bodi MV Agusta F4 yakni merah dan silver yang terlihat sama, selebihnya tampak jauh berbeda.

Lihat saja fairingnya. Jika di F4 fairing diposisikan seperti kebanyakan motor sport full fairing, kali ini di luar pemikiran. Fairing F4Z justru didesain menyatu dengan bodi, menyatu mulai dari tangki hingga ke ekornya. Bahkan jok nya jadi terlihat seperti melayang.

Yang unik lagi adalah pengaplikasian desain wind shield nya, lebih mirip wind shield naked bike ketimbang wind shield sport full fairing. Hal unik lainnya adalah pengaplikasian lampu projector yang diposisikan di balik ujung fairing.

Secara keseluruhan, pengaruh Zagato yang biasa mendesain super car macam Alfa Romeo, Lancia, Aston Martin, Maserati dan beberapa super car kenamaan lainnya terlihat sangat kuat.

Comments
Shares