MX Day 3

MX Day 3 Usung Kebudayaan Lokal Sebagai Hiburan, Bisa Ditiru Nih Sob!

Ada yang berbeda, pada pagelaran MX Day 3 yang diadakan oleh bikers pengguna Yamaha MX Series di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Para bikers ini turut serta mengangkat kesenian daerah sebagai pengisi acara kegiatan mereka.

Tujuan adanya hiburan kesenian daerah ini adalah untuk melestarikan kebudayaan lokal dan juga memperkenalkan kebudayaan kepada para peserta MX Day yang hadir.

Baca juga : Ribuan Bikers Pengguna Yamaha MX Series Ramaikan MX Day 3 di Bandung

MX Day 3

Salah satu kesenian asal Jawa Barat yang dipertunjukkan adalah Kuda Ronggeng. Tepatnya kesenian ini berasal dari Sumedang yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat. Kesenian ini memperlihatkan kelihaian se-ekor kuda yang telah dilatih untuk berjalan layaknya sedang menari.

“Sengaja beberapa kesenian khas Sunda kami tampilkan disini, agar bukan hanya sebagai ajang kumpulan semata, lebih dari itu setidaknya kita sudah berupaya melestarikan budaya yang ada khususnya di tatar Sunda ini” Ucap Kang Cecep Subdara dari MXRC selaku penasihat acara MX Day-3 ini.

Selain tari Kuda Ronggeng, panitia pelaksana juga turut menghadirkan kesenian daerah lainnya yaitu tari Rampak.Sebuah tarian yang memadukan suara kendang dan gamelan yang bersifat sangat ceria. Alat musik yang digunakan pada tarian rampak ini adalah Gendang, Gitar dan alat musik lainnya.

“memang beberapa kesenian Sunda sengaja kami tampilkan, karena peserta kebetulan ada beberapa datang dari jauh. Seperti Sumatra bahkan ada Sulawesi juga, jadi ini kami jadikan momentum untuk memperkenalkan budaya-budaya yang ada di tatar sunda ini”. Pungkas Bro Kim Hasan selaku Wakil Ketua Pelaksana MX Day-3.

Besar harapan panitia, walau memberi perkenalan tidak secara menyeluruh setidaknya sudah berusaha melestarikan dan patut berbangga terhadap kebudayaan lokal yang dimiliki oleh daerahnya masing-masing.

 

Comments
Shares