Naik Motor Saat Hujan Ini Kesalahan Yang Sering Dilakukan Bikers

Naik Motor Saat Hujan

ZONABIKERS.COM – Naik motor saat hujan jelas memerlukan kewaspadaan ekstra. Jangan sampai karena hal sepele, malah jadi kesalahan yang berakibat fatal.

Hujan memang tak bisa diterka kapan akan turun, tapi mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadipi hujan yang turun adalah langkah bijak. Jangan karena mengejar waktu, naik motor saat hujan malah membawa petaka.

Baca Juga : 4 Hal Penting Tentang Minyak Rem yang Perlu Diketahui Bikers, Jangan Cuma Tau Kanpas Rem Saja

Sebab, naik motor saat hujan pada dasarnya berbahaya. Hambatan dan potensi bahaya yang dihadapi bikers jadi lebih besar, mulai dari menurunnya visual, jalan licin dan lubang yang tertutup air hingga gangguan kesehatan.

Loading...


Nah, berikut kesalahan fatal yang sering dilakukan pemotor ketika berkendara saat hujan.

Sepatu Diganti Dengan Sandal

Banyak pemotor yang menukar sepatunya dengan sandal. Alasan utamanya agar sepatu tidak basah.

Loading...


Melakukan hal ini tentu memiliki risiko karena bagian kaki tidak terlindungi sepenuhnya. Ketika terjadi kesalahan di jalan dan terjadi kecelakaan, tidak ada perlindungan ekstra pada bagian kaki pemotor.

Selain itu, tidak menggunakan sepatu ketika riding saat hujan, bagian kaki akan rawan terkena penyakit.

Melepas Sarung Tangan

Loading...


Sama halnya dengan penggunaan sepatu. Tidak ingin sarung tangan basah, banyak pemotor melepas sarung tangannya. Asalannya tangan bisa lembab juga akan berasa dingin.

Melepaskan sarung tangan sama risikonya dengan melepas sepatu dan menggantinya dengan sandal. Tangan jadi tak punya perlindungan ekstra terutama saat terjadi kesalahan yang menyebabkan kecelakaan.

Menggunakan Jas Hujan Ponco

Loading...


Menggunakan jas hujan model ponco saat naik motor jelas sangat tidak disarankan. Jas hujan model ini sangat rawan tersangkut di bagian motor yang dikendarai atau pada kendaraan lain.

Sebaiknya, gunakan jas hujan model setelan baju dan celana. Jas hujan model ini lebih aman.

Baca Juga : SSFC Sapu Bersih Aksi Sosial Di Lokasi Wisata dan Terdampak Bencana

Loading...


Baca Juga : Cardo System Luncurkan 4 Interkom Terbaru Untuk Bikers

Baca Juga : Honda ADV350 Siap Serang Pasar Asia, Harganya Sekitar Rp 80 Jutaan

Berkendara Dengan Kecepatan Tinggi

Loading...


Naik motor dengan kecepatan tinggi saat hujan jelas sangat berbahaya. Jalanan basah dan genangan air bisa menyebabkan motor kehilangan keseimbangan. Selain itu, ban motor akan lebih mudah kehilangan traksi.

Berkendaralah dengan kecepatan normal atau lebih lambat dari kondisi normal. Fokuslah terhadap potensi bahaya di sekitar yang bisa menimbulkan kecelakaan.

Behenti Di Kolong Jembatan

Loading...


Kebanyakan pemotor akan berhenti di kolong jembatan saat hujan turun. Tindakan ini tak sepenuhnya salah. Yang jadi masalah adalah banyaknya pemotor yang berhenti dan memakirkan motor hingga memakan badan jalan.

Kondisi tersebut jelas berbaya dan merugikan pengguna jalan lain. Selain membuat macet, potensi tertabrak atau terserempet kendaraan yang lebih besar sangat mungkin terjadi.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here