Naik Rp 4,25 Juta, Ini Beda Yamaha Xabre Dan MT-15

Baru tiga tahun sejak kemunculan Yamaha Xabre di Indonesia pada 6 Januari 2016 lalu, tahun ini tepatnya 18 Januari 2019 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis penggantinya.

Julukannya MT-15, lebih mudah diucapkan dari Xabre dan lebih cocok disematkan mengingat tampangnya yang pas bersanding dengan keluarga naked bike gagah Yamaha MT Series.

Disamping itu, ternyata, MT-15 mengalami banyak ubahan, mulai dari sektor tampilan hingga mesin. Sehingga harga MT-15 yang Rp 34,95 juta lebih mahal Rp 4,25 juta dari Xabre yang dilepas Rp 30,7 juta OTR Jakarta. Seperti apa?

Loading...


Desain Eksterior

Saat pertama kali meluncur, Xabre mengambil basis filosofi desain berjuluk “Ultimate Street Fashion Sport” yang terinspirasi dari sebuah sabetan pedang cahaya (Light Saber) yang berkesan X-treme agresif.

Nah, MT-15 muncul dengan desain baru yang semakin mewarisi karakter dari keluarga MT series.Dengan headlamp LED nan agresif, MT-15 juga dibekali bodi berotot.

Loading...


Di mana MT-15 turut dibuat lebih padat namun tetap menghadirkan garis tegas dengan detil sudut yang tajam, terutama pada area tangki serta air shroud yang membuat tampilan motor terlihat berotot dan semakin sporty.

Mesin

Beralih ke sumber tenaga, Xabre yang sebelumnya mengandalkan mesin 150cc LC4V Fuel Injection bertenaga 16 dk bertransmisi 6-speed yang diambil dari basis R15 lawas ikut diganti.

Loading...


Kini tersemat mesin 155cc 4-katup dengan 6-percepatan yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 19 dk per 10.000rpm dan menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm di 8.500rpm milik New R15 dan V-Ixion R.

Mesin tersebut dilengkapi fitur unggulan seperti sistem Variable Valve Actuation (VVA) dan slipper clutch yang membuat performa makin asyik.

Kesamaan

Loading...


Diluar itu, sektor kaki-kaki dari Xabre sudah dirasa cukup untuk kembali diusung oleh MT-15. Diantaranya suspensi up-side down (USD). Serta pengaplikasian alumunium swing arm yang kokoh dengan bobot ringan. Selain itu penggunaan rangka Delta Box yang ikonik juga masih dipertahankan.