Tuesday, September 29, 2020

Ngegass Bareng FORWOT, Touring Yang Tak Sekedar Touring

ZonbieDC kembali ambil bagian di touring Forum Wartawan Otomotif [FORWOT] XIV akhir pekan kemarin, Sabtu-Minggu 15-16 Oktober 2016. Touring yang jadi agenda tahunan FORWOT ini mengambil tema “Ngegass Bareng” dengan destinasi akhir di kawasan Cianjur, Jawa Barat.

Lebih dari 40 peserta yang merupakan jurnalis nasional bidang otomotif ngegass bareng dari Jakarta menuju kawasan bersuhu sejuk dan jauh dari hingar bingar kehidupan Ibu Kota.

Tak sekedar touring untuk menikmati akhir pekan dengan mengendarai sepeda motor, tapi banyak ilmu dan wawasan baru yang didapat. Sesaat setelah tiba di penginapan, para peserta langsung dijejali dengan pengalaman pebalap muda Astra Honda Racing Team, Rheza Danica Ahren.

Pebalap berusia 18 tahun itu berbagi cerita pengalaman hidupnya menjadi seorang pebalap hingga berhasil meraih juara di Suzuka 4 Hours Endurance Race 2016.

Lepas itu, para peserta juga mendapat pembekalan tentang defensive riding dari Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consultant [JDDC], Jusri Pulubuhu. Di sesi ini para peserta mendapatkan pandangan dan pola pikir baru dalam menciptakan berkendara yang aman dan selamat.

Jusri menekankan, mengendarai sepeda motor di jalan raya tak cukup hanya dengan skill saja, tapi pola pikir, kontrol emosi serta mampu membaca situasi sekitar juga harus dimiliki oleh pengendara. “Ingat, salah satu pekerjaan paling berbahaya di dunia adalah mengendarai sepeda motor,” tegas Jusri.

Jusri juga menjelaskan begitu besar kerugian yang terjadi akibat kecelakaan di jalan raya, angkanya mencapai ratusan triliun rupiah pertahun.

Dan di malam hari, para jurnalis muda juga dapat tambahan ilmu dari beberapa jurnalis senior yang berbagi pengalaman dan ilmunya bagaimana membuat tulisan tentang test drive sebuah kendaraan.

forwot-touring-xiv-2016-5forwot-touring-xiv-2016-1forwot-touring-xiv-2016-2forwot-touring-xiv-2016-4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update

Sabun Cuci Motor Asal Bikin Motor Kusam

Pada musim hujan seperti saat ini, adakalanya Sobat Zonbie jadi sering mencuci motor. Namun, ada yang harus Sobat Zonbie perhatikan, yaitu sabun cuci motor...

Bikers Tangsel Bergerak, Bantu Proses Recovery Korban Banjir di Sukabumi

Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, membuat para bikers Tangsel untuk bergerak menggalang bantua guna meringankan beban para korban. Melalui Forum Bikers Tangerang Selatan...

Aksi Sosial Gabungan Komunitas Motor Yamaha, Bantu Korban Banjir Sukabumi

Para bikers dari berbagai komunitas motor Yamaha, gelar aksi sosial gabungan guna membantu para korban banjir bandang di Sukabumi. Musibah banjir bandang yang terjadi di...

Suzuki Hayate Owners Club, Gelar Pemilihan Pengurus Baru Secara Virtual

Melalui sebuah kegiatan yang dilakukan secara virtual, Suzuki Hayate Owners Club (SHOC) adakan pemilihan pengurus baru untuk periode 2020 – 2022. Meski berada di tengah...

Aerox 155 Community Jabodetabek, Berbagi Dengan Korban Banjir Bandang Sukabumi

Aerox 155 Community Jabodetabek, menggelar aksi sosial demi meringankan beban para korban banjir bandang yang terjadi di Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat. Sebagaimana diketahui sebelumnya, telah...