Wednesday, January 20, 2021

Nggak Cuma Ducati, Maverick Vinales Juga Tes Fairing Baru

Sesi tes pra musim MotoGP 2019 di Sepang, Malaysia dimanfaatkan oleh tim untuk menguji komponen, motor hingga performa pebalap baru mereka. Tak terkecuali fairing sebagai penunjang aerodinamika motor.

Seperti sebelumnya Zonbie bahas mengenai fairing Ducati yang tampil nyeleneh dengan enam buah winglet, kali ini giliran Yamaha yang rombak fairing.

Baca Juga: Fairing Baru Ducati di MotoGP, Makin Aneh!

Seperti bisa dilihat pada motor Yamaha YZR-M1 geberan Maverick Vinales ini. Motor bernomor start 12 itu kini di hari terakhir tes pada Jumat (8/2) kemarin terlihat memakai winglet model tumpuk.

Winglet tersebut desainnya berbeda dari versi yang dipakai di dua hari pertama (6-7/2) sesi tes tersebut. Lalu apa efeknya? Saat ini belum terlihat karena Vinales hanya sukses mencetak waktu tercepat ke-5.

Tapi secara catatan waktu, Vinales lebih kencang dari hari ke-2 di mana dirinya sukses jadi yang terdepan. Di mana sesi tes Kamis dirinya mencetak 1 menit 58,897 detik dan pada hari terakhir, catatan waktunya 1 menit 58,644 detik.

Kenapa tes fairing terasa penting musim ini? Patut Sobat Zonbie ketahui, musim ini desain fairing yang dipasang dari awal musim tak boleh lagi dimodifikasi tiap serinya. Sehingga maksimalisasi harus dilakukan sejak sesi pra musim.

Latest Update