Thursday, January 21, 2021

Oli dan Aki Motor Jangan Lupa Dicek Sob, Ini Alasannya

Sobat Zonbie tentu sadar kalau oli dan aki jadi dua peranti penting di sepeda motor. Tapi sayangnya, masih banyak yang nggak peduli soal pengecekannya.

Kenapa keduanya harus dicek secara rutin? Karena kedua komponen itu punya peran masing-masing yang saling mempengaruhi peranti lain di motor. Seperti apa?

Cek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum berpergian. Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen didalam mesin tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebih awet.

“Untuk itu lakukanlah penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM.

Untuk sepeda motor saat ini dimana sudah mangadopsi sistem injeksi, fungsi baterai, alias aki sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya.

“Disarankan untuk tidak menggunakan variasi/aksesoris yang berlebih yang dapat menganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri,” kata Ade lagi.

Latest Update