Pakai Motor Kopling Saat Hujan Deras? Yuk, Perhatikan Hal Ini

Musim hujan sudah tiba, ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara, utamanya menyangkut faktor safety Sobat Zonbie. Dan beberapa tips berikut bisa jadi panduan saat berkendara menggunakan motor bertransmisi manual, alias kopling.

Pertama, jaga jarak aman antar kendaraan kendalikan kecepatan motor saat hujan. Paling ideal dengan memperlambat laju kendaraan. Selain menjaga jarak, berkendara lebih lambat akan membuat ban lebih mencengkeram jalan. Sehingga motor lebih mudah dikendalikan.

Lalu saat menemui genangan air, maka hindarilah sebisanya. Karena kita tak bisa memprediksi seberapa dalam lubang yang ada di genangan air tersebut. Kalau tak ada pilihan, maka wajib melewati genangan tersebut dengan pelan dan hati – hati.

Kondisikan ketinggian genangannya tidak lebih tinggi dari mesin. Lalu pastikan menggunakan setengah kopling dengan gas yang stabil atau tidak naik turun gas saat melewatinya. Gas yang naik turun akan membuat air yang ada di genangan tersedot ke dalam knalpot.

Selanjutnya, tips di jalanan berbukit…

Comments
1 2
Shares