Wednesday, April 14, 2021

Panel Instrumen Penting Untuk Diperhatikan Perawatannya Sob!

Panel instrumen atau dikenal dengan speedometer pada sepeda motor, memiliki peranan yang cukup penting. Perawatan pada komponen ini juga perlu diperhatikan Sob!

Panel instrumen, merupakan komponnen yang juga cukup penting pada sepeda motor. Komponen ini, dapat memberikan berbagai informasi penting dari motor, baik dari sisi kecepatan motor saat melaju, jam, waktu service, informasi ketika motor mengalami over heat dan banyak lainnya.

Seiring dengan modernisasi, speedometer saat ini sudah mengadaptasi perangkat yang canggih. Bahkan sekarang, sudah ada yang bisa dikoneksikan dengan smartphone.

Dengan segala kecanggihan tersebut, bukan berarti speeometer tidak punya kelemahan. Ada beberapa faktor, yang bisa menyebabkan speedometer rusak dan tidak bisa menampilkan segala informasi yang dibutuhkan oleh bikers.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan speedometer menjadi rusak :

Kepanasan

Sepeda motor yang sering berada di bawah sinar matahari langsung, dapat menyebabkan kerusakan pada bagian speedometer. Pada speedometer yang memiliki tipe digital biasanya akan mengalami kerusakan pada bagian LCD-nya.

LCD speedometer yang rusak akibat panas matahari biasa disebut ‘sunburn’, dimana lapisan polarizer LCD mengalami kerusakan alibat panas matahari.

Panas matahari juga bisa menyebabkan kaca pelapis pada speedometer, menjadi rusak dengan gejala retak-retak.

Latest Update