Panel Instrumen Penting Untuk Diperhatikan Perawatannya Sob!

Panel Instrumen

Panel instrumen atau dikenal dengan speedometer pada sepeda motor, memiliki peranan yang cukup penting. Perawatan pada komponen ini juga perlu diperhatikan Sob!

Panel instrumen, merupakan komponnen yang juga cukup penting pada sepeda motor. Komponen ini, dapat memberikan berbagai informasi penting dari motor, baik dari sisi kecepatan motor saat melaju, jam, waktu service, informasi ketika motor mengalami over heat dan banyak lainnya.

Seiring dengan modernisasi, speedometer saat ini sudah mengadaptasi perangkat yang canggih. Bahkan sekarang, sudah ada yang bisa dikoneksikan dengan smartphone.

Loading...


Dengan segala kecanggihan tersebut, bukan berarti speeometer tidak punya kelemahan. Ada beberapa faktor, yang bisa menyebabkan speedometer rusak dan tidak bisa menampilkan segala informasi yang dibutuhkan oleh bikers.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan speedometer menjadi rusak :

Kepanasan

Loading...


Sepeda motor yang sering berada di bawah sinar matahari langsung, dapat menyebabkan kerusakan pada bagian speedometer. Pada speedometer yang memiliki tipe digital biasanya akan mengalami kerusakan pada bagian LCD-nya.

LCD speedometer yang rusak akibat panas matahari biasa disebut ‘sunburn’, dimana lapisan polarizer LCD mengalami kerusakan alibat panas matahari.

Panas matahari juga bisa menyebabkan kaca pelapis pada speedometer, menjadi rusak dengan gejala retak-retak.

Loading...


Kebasahan

Tidak hanya akibat panas matahari, kebasahan akibat motor sering terkena hujan atau basah akibat dicuci bisa menyebabkan speedometer menjadi rusak.

Biasanya air masuk melalui celah-celah yang ada pada speedometer. Terkadang akibat suhu udara tertentu timbul juga embun pada bagian speedometer.

Loading...


Air yang masuk pada bagian dalam speedometer akan menyebabkan konsleting pada bagian komponen dalam speedometer.

Kotor

Ketika kotoran masuk ke bagian dalam speedometer, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada speedometer tersebut. Kebersihan pada bagian soket-soket kabel yang menghubungkan speedometer juga perlu diperhatikan kebersihannya.

Loading...


Sebaiknya lakukan pembersihan pada bagian soket kabel penghubung secara rutin.

Kabel putus

Kabel yang menghubungkan komponen speedometer ke mesin, juga perlu diperhatikan. Apabila ada kerusakan segera ganti kabel dengan yang baru agar komponen speedometer berfungsi kembali sebagaimana mestinya.

Loading...


Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa menyebabkan speedometer tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika ada hal lain yang Sobat Zonbie ketahui berbagi informasi di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.