Friday, April 16, 2021

Pasang Busi Tidak Asal Colok Lalu Putar, Ini Caranya Sob

Ketika ada masalah pada Busi motor, pada penggantiannya perlu diperhatikan cara lepas dan pasang busi yang baik dan benar. Pemasangan busi juga tidak asal colok dan putar saja Sob.

Pasang Busi

Busi merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting peranannya. Busi berfungsi untuk menciptakan percikan listrik yang akan memicu efek ledakan dari campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.

Untuk itu, ketika akan memasang busi harus diperhatikan benar pemasangannya. Pasang busi tidak hanya sekedar colok dan putar saja, namun ada tata caranya agar Busi dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak merusak komponen motor lainnya.

Seperti yang disampaikan oleh NGK Busi Indonesia, pertama yang harus di perhatikan adalah tingkat kekencangan, karena pemasangan busi dengan nilai torsi yang tidak tepat (terlalu kencang atau terlalu kendor) dapat berakibat sangat fatal pada busi.

Sebagai contoh, apabila memasang busi terlalu kencang dapat mengakibatkan ulir busi rusak yang tentunya akan mengakibatkan busi nantinya akan sulit untuk dilepas kembali. Bagian center electrode hingga terminal nut pun tidak luput dari resiko kerusakan, apabila memasang busi dengan tingkat kekencangan yang tidak tepat sehingga akan mempengaruhi fungsi busi hingga performa mesin kendaraan.

Latest Update