Pasang Cakram Floating Honda Vario, Bisa Pakai Yamaha Exciter

Rem cakram tipe floating kerap dipilih para penikmat modifikasi karena memiliki sederet keunggulan. Mulai dari lebih pakem karena tahan panas di suhu ekstrim saat pengereman, juga tampilannya yang lebih keren dan sporty.

Tak jarang banyak produsen komponen aftermarket yang merilis cakram tipe floating dengan bermacam ukuran. Tak terkecuali untuk Honda Vario series. Tapi terkadang ukuran bisa jadi kendala, karena kebanyakan dijual dalam diameter lebar, seperti 260-320 mm.

Solusinya produk asli pabrikan, alias OEM cakram milik Yamaha Exciter, alias MX King versi Vietnam bisa jadi pilihan. Yup, di Vietnam, motor bebek 150 cc tersebut sudah punya rem cakram tipe floating sebagai standarnya. Di toko-toko online, banderol cakram Exciter asli Vietnam sekitar 350-450 ribu.

Loading...


Seperti ditunjukan oleh seorang bike enthusiast, Denta Adji yang mengandalkan rem cakram Exciter pada Vario 125 non LED andalannya. “Lubang baut cakramnya sama, jadi bisa pasang di pelek aslinya,” kata Denta yang kerap menyebar ‘virus’ modifikasi di grup Facebook, Honda Vario 150 eSP ini.

Tapi untuk pemasangannya, harus ada sedikit modifikasi Sob. Yakni pada bagian braket kaliper dan bautnya. Karena ukuran cakram standar Vario hanya 190 mm sedangkan cakram Exciter 220 mm.

Loading...


Bracket 220 mm sendiri bisa bikin di tukang bubut, atau kalau mau praktis bisa beli di lapak-lapak online yang bisa dicari dengan keyword, Bracket Cakram Vario 220 mm.

“Sekalian ganti baut yang full drat juga seperti milik Yamaha, karena kalau punya aslinya akan ada tonjolan. Kalau sudah komplet, tingga ganti cakram lamanya plug and play kok,” pungkas pria yang sempat jadi wartawan otomotif ini.

Sebagai catatan, pemasangan cakram Exciter ini bisa dipakai oleh seluruh Vario Series, BeAT hingga Scoopy dan Spacy. Tapi untuk Vario 150 terbaru nggak bisa pakai cakram Exciter karena lubang bautnya yang berbeda.

Loading...