Pembalap Indonesia Veda Ega Pratama Kibarkan Merah Putih di Sirkuit Lusail Qatar

Pembalap Indonesia - Idemitsu Asia Talent Cup

ZONABIKERS.COM – Pebalap Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama, berhasil mengibarkan bendera Merah Putih setelah berhasil meraih podium ketiga di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Lusail International Circuit, Qatar (6-7/3/2022).

Menjadi pembalap termuda dengan usia 13 tahun, Veda bertarung layaknya pembalap berpengalaman.

Mengawali balapan dari posisi 7, Veda langsung bertarung dengan pembalap Jepang, Australia dan Malaysia untuk memperebutkan posisi terdepan.

Loading...


Nama Veda sempat beberapa kali berada di posisi teratas. Melalui manuver-manuver yang berani dan penuh perhitungan, Veda pun berhasil memukau komentator jalannya balapan. Nama Indonesia pun sering disebut lantaran aksi pembalap asal Wonosari itu.

Aksi memukau Veda diperlihatkan pada saat memasuki putaran keenam dimana pembalap muda Indonesia itu berhasil melakukan overtake pembalap lain dari sisi luar untuk merebut posisi kedua.

Pembalap Indonesia - Idemitsu Asia Talent Cup

Loading...


Dan yang paling memukau adalah aksi penyelamatan ketika dia nyaris terjatuh saat bertarung memperebutkan posisi pertama. Ia yang berusaha merangsek ke posisi pertama dari sisi dalam tikungan, tapi ban depannya kehilangan grip sehingga membuat kaki kanannya sempat terlepas dari foot step dan terangkat.

Ia berhasil membuat motor bernomor 7 yang ditunggangi kembali berdiri meski dia harus tergusur ke posisi 8.

Ketika balapan menyisakan 3 putaran, perlahan namun pasti Veda kembali merangsek ke depan melewati pembalap yang ada di depannya. Bahkan dia sempat memimpin jalannya balapan di jelang akhir lap.

Loading...


Puncaknya, ia finish di posisi 3 di belakang pembalap Amon Odaki dan Hamad Al-Sahouti.

“Sungguh balapan yang luar biasa. Belajar dari race pertama kemarin, saya berusaha tenang agar tetap berada di barisan terdepan,” ucap Veda.

“Saya sangat senang berhasil merah podium di race kedua ini. Terima kasih kepada PT Astra Honda Motor, keluarga, serta pecinta balap di Indonesia.”

Loading...


“Semoga modal podium ini menjadi awal yang baik untuk semakin motivasi saya untuk tampil lebih baik lagi di putaran berikutnya,” imbuhnya.

Senada dengan Veda, rekan satu tim lainnya Reykat Yusuf Fadilah juga menghadapi persaingan yang sengit selama balapan berlangsung.

“Persaingan sangat rapat pada balapan ini. Saya sudah mencoba menekan agar bisa berada dalam posisi yang lebih baik. Tapi usaha maksimal yang saya lakukan memang belum cukup untuk membawa saya meraih podium,” ucap Reykat.

Loading...


“Meskipun begitu, saya bisa mendapat pemahaman yang lebih baik dengan NSF250R. Saya akan berusaha lebih baik lagi di race berikutnya,” katanya.

Seri pertama ajang balap IATC 2022 dihelat sebanyak dua putaran pada hari Sabtu (05/03) dan putaran kedua di hari Minggu (06/03).

Pada putaran pertama Reykat Yusuf Fadilah dan Muhammad Diandra Trihardika berhasil menyelesaikan balapan sebanyak 14 lap dengan masing-masing finis di urutan ke-8 dan ke-10.

Loading...


Sementara Veda Ega Pratama dan Aan Riswanto gagal finish pada putaran pertama karena terjatuh.

Seri kedua IATC 2022 akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Indonesia).

Diikuti oleh 20 pebalap muda hasil seleksi ketat dari seluruh negara di Asia. Lulusan ajang ini ditempa untuk mendapat pengalaman berkompetisi lebih kompeherensif dan siap melanjutkan ke jenjang balap yang lebih tinggi.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here