Wednesday, January 27, 2021

Pengecualian Khusus Bagi Pemudik Yang Ingin Mudik Saat Masa PSBB

Pada musim lebaran tahun 2020 ini, pemerintah melarang warga Ibukota untuk mudik ke kampung halaman. Hal ini dilakukan, dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Meski demikian, ada pengecualian khusus bagi warga yang mendesak harus mudik.

Sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangan resminya menyebutkan, pengecualian khusus bisa diberikan kepada warga atau pengendara yang dalam keadaan mendesak seperti keluarganya sakit, meninggal, atau istrinya hendak melahirkan.

“Boleh saja, tapi tunjukkan surat urgensi. Foto saja benar tidak itu terjadi,” ucap Istiono, Selasa (28/4).

Surat urgensi yang dimaksud, harus berisi tentang keterangan dan alasan melakukan perjalanan mudik, serta ditandatangani lurah setempat.

Pada kondisi tertentu, sebagaimana disampaikan oleh Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin, pemudik yang menggunakan kendaraan cukup meminta keterangan dari RT atau RW setempat untuk kemudian dikonfirmasi oleh petugas di lapangan.

“Kalau mendesak dan buru-buru karena ada anggota keluarga yang meninggal atau sakit, cukup keterangan itu saja. Tidak perlu surat dari kepolisian, orang sedang urgensi ya kenapa tidak sih. Yakinkan petugas di lapangan, saya rasa mereka pun bisa mengerti,” jelasnya saat dihubungi Kompas.com.

Latest Update