Penting Buat Bikers, Ini Hal Yang Bikin Gugur Garansi Motor

Honda Giorno - Garansi Motor

Setiap beli motor baru, tentu dilengkapi dengan garansi resmi. Umumnya, garansi yang diberikan meliputi mesin, sistem injeksi, rangka dan kelistrikan.

Garansi mesin diberikan selama tiga tahun atau 30,000 KM, garansi komponen system injeksi diberikan selama lima tahun atau 50,000 KM serta garansi rangka dan kelistrikan diberikan selama satu tahun atau 10,000 KM. Tergantung mana yang lebih dulu dicapai.

Tapi perlu diketahui, bahwa garansi tersebut sewaktu-waktu bisa hangus atau gugur akibat kesalahan yang dilakukan pemilik motor baru.

Baca Juga :

Michelin Akan Produksi Ban Dari Bahan Daur Ulang

Salah satu penyebab gugurnya garansi tersebut adalah melakukan servis motor bukan di bengkel resmi. Misalnya di AHASS buat pemilik motor Honda.

Untuk melakukan klaim garansi, tentunya ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Klaim garansi hanya dapat dilakukan di bengkel resmi Honda (AHASS) di seluruh Indonesia dengan membawa Buku Service dan Garansi.
  2. Garansi berlaku untuk motor Honda yang melakukan perawatan secara teratur di bengkel AHASS di seluruh Indonesia, sesuai dengan Jadwal Perawatan Berkala yang tertera dalam Buku Service dan Garansi.
  3. Selalu gunakan Honda Genuine Parts dan jangan memodifikasinya. Karena motor yang telah mengalami modifikasi tidak sesuai dengan anjuran pabrikan, akan gugur garansinya.

Perlu diketahui juga, ada beberapa hal yang mengakibatkan gugurnya garansi motor Honda, diantaranya :

  1. Buku Service dan Garansi hilang atau rusak
  2. Tidak melakukan perawatan berkala di bengkel resmi sesuai ketentuan
  3. Terjadi kerusakan akibat melakukan perawatan berkala di luar bengkel resmi
  4. Kerusakan akibat penggunaan yang tidak sesuai dengan buku pedoman pemilik
  5. Melakukan modifikasi yang tidak sesuai anjuran pabrikan

Karena itu, agar garansi sepeda motor tidak gugur, baca dan lakukan perawatan berkala sesuai buku pedoman pemilik kendaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here