Wednesday, October 28, 2020

Penyebab Cedera Mata dan Cara Penanganannya

Cedera mata bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Lalu, apa yang bisa jadi penyebab cedera mata? Berikut zonabikers.com akan mengulasnya.

Melansir dari situs alodokter.com, cedera mata bisa menyebabkan beragam gejala, mulai dari mata merah, mata perih atau sakit, penglihatan kabur, hingga perdarahan pada mata. Dalam jangka pendek maupun panjang, cedera mata yang tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan penglihatan permanen.

Untuk menghindari terkena gangguan cedera mata, Sobat Zonbie harus mengetahui beberapa penyebab cedera mata. Diantaranya adalah :

Benda asing masuk ke mata

Debu atau partikel kecil bisa saja menyebabkan cedera pada mata. Keluhan yang dirasakan dapat berupa mata terasa ada yang mengganjal atau sakit, mata berair, merah, dan sensitif terhadap cahaya.

Mata terbentur suatu benda

Saat beraktivitas, kemungkinan mata terbentur suatu benda bisa saja terjadi. Dalam kondisi ini, cedera ringan, kelopak mata bisa membengkak atau memar. Sementara pada cedera parah, pendarahan di dalam mata dan patahnya tulang sekitar mata bisa terjadi sehingga membutuhkan penanganan serius dari dokter.

Paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia bisa menyebabkan cedera mata. Namun, tingkat kerusakan yang ditimbulkan bisa berbeda, tergantung pada jenis bahan kimia, berapa lama bahan kimia di mata, dan seberapa dalam bahan kimia tersebut masuk ke mata.

Pada kasus paparan uap bahan kimia misalnya, cedera mata yang ditimbulkan mungkin hanya berupa iritasi mata. Namun, jika mata langsung terkena bahan kimia yang keras, kerusakan yang terjadi bisa parah dan dalam, hingga menyebabkan kebutaan.

Paparan radiasi

Paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari atau radiasi lainnya, misalnya dari radioterapi, tidak hanya dapat membakar kulit, tapi juga dapat merusak mata. Cedera mata yang terjadi akibat radiasi dapat menyebabkan mata merah, terasa seperti ada yang mengganjal di mata, berair, dan sensitif terhadap cahaya.

Meski keluhan yang ditimbulkan ringan, Sobat Zonbie tidak bisa menyepelekannya. Dalam jangka panjang, cedera mata ini menyebabkan katarak atau degenerasi makula, yaitu kerusakan pada bagian mata yang bernama retina.

Setelah mengetahui penyebabnya, Sobat Zonbie juga harus tahu bagaimana cara penanganan ketika mengalami cedera mata.

  1. Jangan menggosok mata dengan tangan
  2. Membasuh mata dengan air bersih
  3. Mengompres mata
  4. Periksa mata ke dokter

Untuk menghindari cedera mata, Anda disarankan untuk menggunakan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan saat siang hari. Anda juga harus menggunakan pelindung mata jika melakukan pekerjaan yang berisiko tinggi membuat mata terpapar bahan kimia, serpihan logam, kayu, ataupun kaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update

Helm Lokal Mampu Bersaing Dengan Helm Impor? Coba RSV Helmets Dulu Deh!

Helm jadi kebutuhan utama dan sangat vital bagi para bikers. Saat ini, banyak bikers yang lebih memilih produk helm impor ketimbang produk helm lokal. Pada...

AHM Umumkan Pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020

PT Astra Honda Motor (AHM) umumkan pemenang Kontes Kreativitas Pembelajaran Online 2020. Sebuah kompetisi yang diadakan perusahaan untuk memperkuat kualitas pendidikan vokasi di masa...

Max Zona Community Resmi Deklarasikan Diri

Pada akhir pekan lalu, jadi momen bersejarah bagi Max Zona Community (MZC). Komunitas bikers penunggang skuter matik Maxi ini, mendeklarasikan diri di Puncak, Bogor...

Kolaborasi Kegiatan Sosial Komunitas di Jayapura Sambut Sumpah Pemuda

Sebuah kegiatan sosial dilakukan oleh para bikers dari berbagai motor di Jayapura. Kolaborasi kegiatan sosial ini digelar dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda yang...

OYIKA Baterai Motor Listrik Siap Hadir di Indonesia

OYIKA merupakan sebuah perusahaan asal Singapura yang menerapkan konsep berbagi baterai untuk sepeda motor listrik di 2018. OYIKA hadir di Indonesia pada tahun 2020...