Penyebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

Motor Terendam Banjir

Setelah mengetahui definisi dari aquaplaning pada artikel zonabikers.com beberapa waktu lalu, kali ini Zonbie akan bagikan informasi penyebab dan cara mengatasi aquaplaning.

Aquaplaning merupakan salah satu dari sekian banyak resiko berkendara pada saat musim hujan. Aquaplaning atau Hydroplaning ini terjadi akibat anda memacu kendaraan terlalu kencang pada saat bermukaan jalan sedang basah.

Selain itu, masih banyak lagi faktor – faktor penyebab terjadinya Aquaplaning atau Hydroplaning. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Loading...


1. Memacu motor dengan kecepatan tinggi

Dengan Sobat Zonbie memacu motor terlalu kencang, otomatis daya angkat motor menjadi lebih besar sehingga tekanan permukaan ban terhadap air yang tergenang menjadi lebih sedikit.

Untuk mencegah resiko terjadinya Aquaplaning atau Hydroplaning, Sobat Zonbie bisa mengurangi sedikit kecepatan saat melintasi atau berkendara di permukaan jalan yang basah.

Loading...


2. Tekanan angin dalam ban

Tekanan angin dalam ban yang kurang atau malah berlebihan bisa jadi faktor penyebab roda motor kehilangan traksi terhadap lintasan saat melintas di jalan basah.

Sebaiknya Sobat Zonbie selalu cek tekanan angin ban motor sebelum digunakan. Pastikan tekanan angin sudah sesuai dengan ketentuan standart tekanan angin pada motor Sobat Zonbie.

Loading...


3. Tapak ban sudah habis

Aquaplaning atau Hydroplaning terjadi akibat tapak ban motor yang sudah habis tidak dapat memecah genangan air dengan sempurna.

Sebaiknya segera ganti ban yang sudah mulai botak agar ban punya daya cengekeram terhadap lintasan yang basah.

Loading...


4. Genangan air terlalu dalam

Terkadang faktor komposisi genangan air yang cukup dalam, dapat membuat ban motor lebih mudah mendapatkan gejala aquaplaning ini.

Cobalah untuk mengikuti jalur kendaraan yang berada di depan, karena biasanya bekas ban kendaraan didepan kita bisa mereduksi jumlah air yang akan kita lalui. Tapi, jangan lupa untuk menjaga jarak aman Sob.

Loading...


Nah itu tadi penyebab dan cara mengatasi aquaplaning. Semoga dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya kita bisa mengantisipasi aquaplaning yang bisa juga menyebabkan kecelakaan ini ya Sob.

Comments are closed.