Saturday, February 27, 2021

Penyebab Insulator Busi Retak dan Cara Mencegahnya

Insulator busi retak bisa mengakibatkan gangguan pada mesin sepeda motor. Untuk itu, Sobat Zonbie harus mengetahui penyebab insulator busi retak dan bagaimana mencegahnya.

Busi kendaraan diciptakan untuk dapat bertahan pada perubahan suhu yang ekstrim, dalam siklus isap dan buang di dalam ruang bakar secara berulang. Salah satu komponen penting busi yang harus memiliki daya tahan tinggi adalah, bagian insulator.

Melansir dari Buletin NGK Busi, perlu diwaspadai insulator busi yang retak dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada kinerja sebuah mesin kendaraan. Hal tersebut, tak lepas dari fungsi busi yang teramat vital dalam proses pembakaran pada mesin berbahan bakar bensin.

Penyebab Insulator Busi Retak

Berikut penyebab insulator busi retak yang perlu Sobat Zonbie ketahui.

  • Busi terbentur dalam momentum yang keras dengan material yang lebih kuat
  • Proses pemasangan busi menggunakan kunci busi yang tidak sesuai atau menggunakan sembarangan kunci busi

Insulator busi berfungsi untuk mencegah bocornya arus bertegangan tinggi yang dialirkan koil ke elektroda pusat busi. Keretakan di bagian insulator dapat mengakibatkan bocornya arus listrik sehingga membuat aliran daya listrik yang diperlukan untuk memercikkan busi menjadi tidak optimal yang berujung dapat memicu terjadinya misfire atau proses pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar bahkan dapat juga mengakibatkan mesin gagal start.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Update