Peraturan Menteri Perhubungan

Peraturan Menteri Perhubungan, Larang Mengemudikan Motor Sambil Merokok

Sebuah kabar bagus diterima oleh Zonbie nih Sob, Pemerintah Republik Indonesia melalui salah satu Kementriannya yaitu Kementerian Perhubungan mengeluarkan sebuah aturan baru yaitu, Peraturan Menteri Perhubungan  RI Nomor PM 12 tahun 2019 tentang Pelindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Dalam Pasal 6 salah satu butir pasal tersebut berbunyi  “Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktifitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor,” Peraturan Menteri Perhubungan tersebut mulai diterbitakan dan berlaku sejak 11 Maret 2019.

PM No 12 tahun 2019 ini hadir untuk memberikan pelindungan keselamatan bagi penggunaan sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi berbasis teknologi informasi dan tanpa aplikasi berbasis teknologi informasi. Selain aspek kenyamanan, Peraturan Menteri tersebut juga mengatur aspek keselamatan, keamanan, keterjangkauan, dan keteraturan.

Dari Peraturan Menteri tersebut jelas melarang bagi pengemudi untuk merokok atau melakukan aktifitas lain yang dapat mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor. Sebelumnya Pemerintah juga pernah mengatur melalui Undang Undang No 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), namun larangan merokok tidak secara jelas diungkapkan dalam pasal 106 ayat 1 UU tersebut.  Pasal tersebut hanya menegaskan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Baru melalui PM No 12 tahun 2019 ini Pemerintah secara lugas memuat larangan merokok saat mengemudikan sepeda motor dijalan raya. Tentunya merokok sambil mengemudi dapat membahayakan  pengendara itu sendiri ataupun penumpangnya juga pengendara sepeda motor lain yang berada disekitarnya.

Bagaiamana Sob? Masih mau merokok sambil berkendara? Sebagai bikers tentunya kita wajib mentaati semua peraturan berlalu lintas demi kepentingan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Comments
Shares