Monday, January 25, 2021

Perawatan Motor Habis Dipakai Mudik, Perhatikan 8 Bagian Ini

Mudik dengan menggunakan sepeda motor, masih diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia saat hari raya Lebaran. Meski demikian, masih banyak pemotor yang melupakan perawatan motor usai digunakan mudik.

Pemudik umumnya mempersiapkan motornya sesaat sebelum melakukan perjalanan mudik, namun seringkali lupa atau melewatkan perawatan motor setelah dilakukan perjalanan mudik.

Ada beberapa hal pengecekan pada perawatan motor yang harus dilakukan setelah digunakan mudik, pengecekan dan perbaikan dilakukan agar motor dapat digunakan kembali untuk aktifitas keseharian selanjutnya.

Berikut adalah beberapa bagian motor yang harus dilakukan pengecekan dan perbaikan usai dipakai mudik :

1. Cek dan Bersihkan Karburator

Bagian yang bertugas untuk menyemburkan BBM ini akan bekerja dengan keras sepanjang perjalanan mudik yang panjang. Karburator harus bekerja dengan baik, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Hal ini bisa saja mengubah setelan komponen. Jika hal ini terjadi, maka kondisi motor akan tidak bertenaga dan bahan bakar menjadi lebih boros. Pastikan Sobat Zonbie melakukan pegecekan bagian ini dan membersihkannya.

Baca juga : 6 Tips Mulai Aktifitas Harian Usai Liburan Panjang

2. Periksa Bagian Katup/klep

Berbarengan dengan pengecekan karburator motor, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan bagian katup/klep sekaligus. Cek tingkat kerenggangan dan kondisi katup dengan baik, untuk memastikan bahwa komponen ini bisa bekerja dengan normal sebagaimana biasanya.

Latest Update