Perawatan Motor

Perawatan Motor Habis Dipakai Mudik, Perhatikan 8 Bagian Ini

Mudik dengan menggunakan sepeda motor, masih diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia saat hari raya Lebaran. Meski demikian, masih banyak pemotor yang melupakan perawatan motor usai digunakan mudik.

Pemudik umumnya mempersiapkan motornya sesaat sebelum melakukan perjalanan mudik, namun seringkali lupa atau melewatkan perawatan motor setelah dilakukan perjalanan mudik.

Ada beberapa hal pengecekan pada perawatan motor yang harus dilakukan setelah digunakan mudik, pengecekan dan perbaikan dilakukan agar motor dapat digunakan kembali untuk aktifitas keseharian selanjutnya.

Berikut adalah beberapa bagian motor yang harus dilakukan pengecekan dan perbaikan usai dipakai mudik :

1. Cek dan Bersihkan Karburator

Bagian yang bertugas untuk menyemburkan BBM ini akan bekerja dengan keras sepanjang perjalanan mudik yang panjang. Karburator harus bekerja dengan baik, sehingga mesin bisa bekerja dengan maksimal.

Hal ini bisa saja mengubah setelan komponen. Jika hal ini terjadi, maka kondisi motor akan tidak bertenaga dan bahan bakar menjadi lebih boros. Pastikan Sobat Zonbie melakukan pegecekan bagian ini dan membersihkannya.

Baca juga : 6 Tips Mulai Aktifitas Harian Usai Liburan Panjang

2. Periksa Bagian Katup/klep

Berbarengan dengan pengecekan karburator motor, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan bagian katup/klep sekaligus. Cek tingkat kerenggangan dan kondisi katup dengan baik, untuk memastikan bahwa komponen ini bisa bekerja dengan normal sebagaimana biasanya.

3. Lakukan Penggantian Oli

Oli memiliki peranan yang sangat penting selama motor dikendarai, sebab cairan pelumas ini akan bertugas untuk melumasi bagian mesin agar bisa bekerja dengan baik. Selain itu, oli juga akan berperan menjaga kondisi suhu mesin tetap dalam kondisi stabil.

Suhu yang stabil seperti ini sangat dibutuhkan, terutama untuk perjalanan yang panjang ketika mudik. Selama perjalanan mudik tersebut, mesin akan bekerja dengan keras dengan bantuan oli, sehingga bisa dipastikan kondisi oli sudah tidak lagi seperti semula.

Setelah perjalanan panjang seperti ini, pastikan segera mengganti oli motor dengan yang baru. Sehingga performa mesin tetap bagus.

Baca juga : 4 Penyebab Masalah Keuangan Setelah Hari Raya Yang Harus Diketahui

4. Cek Bagian Rem

Rem menjadi salah satu komponen yang begitu penting dan perlu Sobat Zonbie perhatikan secara khusus, terutama setelah perjalanan mudik yang panjang. Sobat Zonbie tentu sering menggunakan komponen yang satu ini selama dalam perjalanan, terutama jika perjalanan mudik melalui jalur rawan macet.

Pastikan juga melakukan pengecekan bagian rem motor dan membersihkan bagian-bagian komponen yang terkait, seperti: kanvas rem dan piston rem. Jika perlu, lakukan juga penggantian pada bagian yang sudah tidak layak pakai.

5. Periksa Bagian Kaki-Kaki

Komponen ini akan menjaga kenyamanan selama berkendara, sehingga penting untuk memastikan semua bagian ini dalam kondisi baik. Cek secara menyeluruh bagian laker, pelek, shockbreaker, dan juga jari-jari pelek motor setelah digunakan mudik.

Lakukan hal ini dengan bantuan ahlinya, sehingga Sobat Zonbie bisa mengerti bagian mana saja yang harus disetel kembali atau bahkan diganti. Jika semua komponen ini sudah dalam kondisi baik, aktivitas berkendara tentu akan berjalan dengan nyaman.

6. Periksa Bagian Pengapian dan Kabel Kelistrikan

Bagian pengapian juga menjadi salah satu yang terpenting untuk diperiksa, terutama busi. Bersihkan dan ganti bagian ini jika dibutuhkan, agar tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Hal yang sama juga perlu dilakukan pada bagian kelistrikan, mengingat komponen ini akan mempengaruhi beberapa bagian lainnya di dalam motor.

7. Cek Bagian Kopling

Jika motor Sobat Zonbie menggunakan kopling, maka Sobat Zonbie juga perlu mencermati bagian yang satu ini. Selama perjalanan mudik, bagian kopling tentu banyak digunakan.

Bagian ini bahkan akan bekerja dengan lebih keras, jika selama perjalanan mudik melintasi daerah macet dan harus sering mengganti posisi gigi. Bagian kopling bisa saja menjadi mengalami masalah atau bahkan tidak lagi terasa nyaman ketika digunakan.

8. Continously Variable Transmission (CVT)

Jika Sobat Zonbie pengguna motor matic, jangan lupa untuk segera melakukan pengecekan pada bagian CVT motor setelah digunakan mudik. Bagian ini adalah komponen penggerak utama di dalam motor matic, sehingga harus dipastikan bahwa bagian ini bekerja dengan baik.

Kondisi jalanan yang macet dan panjang, bisa saja membuat CVT bekerja keras dan mengalami masalah. Daripada mengalami masalah dalam perjalanan bermotor, segera lakukan pengecekan komponen ini setelah digunakan mudik.

Comments
Shares