Perawatan Rem Moge, Jangan Remehkan Masalah Sepele

Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Peribahasa ini mungkin berlaku pada masalah di peranti pengereman di motor besar lho Sobat Zonbie. Karena dari bisa jadi awal malapetaka yang bisa memakan biaya besar lho Sobat Zonbie.

Seperti disampaikan Rahadi Wibowo, Manajer Workshop Ducati Indonesia yang sempat menangani konsumennya yang mengalami piston kaliper rem yang hancur karena masalah sepele.

Seperti bisa dilihat pada foto di atas, kondisi piston kaliper sudah terkikis habis. Oiya, itu piston kaliper Brembo berbahan almunium standar Ducati lho. Jadi bukan kampas remnya yang habis.

“Masalah itu karena freeplay di tonjokan master rem yang kurang. Awalnya datang dari mur penyetel free play master rem yang longgar. Kemudian muter sendiri,” jelas pria ramah ini.

Gejalanya seperti kebiasaan bikers yang kerap nggak sadar selalu menekan tuas rem. “Jadi rem nggak diinjek, pistonnya sudah nonjok (mengerem sendiri),” katanya.

Solusi perbaikannya memang harus ganti Sob. Tapi untuk antisipasi, Rahadi mengatakan jika motor sebaiknya rutin diservis dan jangan lupa untuk mengecek kondisi peranti rem.

Comments
Shares