Perbanyak Nutrisi Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

Daya tahan pada tubuh sangat dibutuhkan pada saat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Di saat inilah tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup agar Sobat Zonbie tetap bugar selama menjalani puasa.

Sobat Zonbie jangan sembarang mengonsumsi menu makanan yang hanya sekedar mengenyangkan perut saja. Justru bisa jadi salah satu jenis makanan yang Sobat Zonbie makan justru akan membuat merasakan lapar lebih cepat. Selain makanan, minuman juga bisa membuat dehidrasi sebelum waktu berbuka.

Faktor makanan yang tidak tepat dan cenderung berlebihan justru yang paling sering ditemui. Apalagi di bulan puasa ini, saat waktu makan hanya dua kali saat sahur dan berbuka pemilihan makanan harus lebih cermat agar tubuh tetap ternutrisi.

Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sangat beragam. Karena tidak ada satu jenis makanan saja yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Perlu lebih cermat memilih jenis makanan khususnya di bulan puasa ini.

Selama puasa, makanlah makanan yang termasuk ‘karbohidrat kompleks’ seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan dicerna lebih lambat.

Selain makanan ‘karbohidrat kompleks’, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi. Agar Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.
Sumber: Dokter Sehat

Comments
Shares