perbedaan Shockbreaker tabung

Perbedaan Shockbreaker Tabung Atas dan Bawah

Meski banyak digunakan, belum banyak orang yang paham betul perbedaan Shockbreaker tabung atas dan bawah. Hal ini disebabkan kebanyakan orang beranggapan tabung pada shockbreaker hanya sebagai hiasan saja.

perbedaan Shockbreaker tabung

Shockbreaker tabung sendiri juga dikenal dengan suspensi tipe gas. Jika dibandingkan dengan suspensi pada umumnya, model gas ini lebih unggul dalam hal ketahanan dan kenyamanan.

Suspensi tabung ini tersedia dalam dua pilihan yaitu tabung atas dan bawah. Ada perbedaan dari keduanya yang harus dipahami betul oleh penggunanya.

Baca juga : Ini Dia Shockbreaker Untuk Beban Berat

Yang membedakan antara tabung atas dan bawah adalah cara kerja dari suspensi tersebut. Seperti yang disampaikan Suwandi, Owner Aftersales Scarlet Racing, “Beda dari tabung atas dan bawah adalah cara kerjanya. Jika pada tabung atas mengandalkan kinerja per sehingga daya rebornnya lebih terasa sedangkan untuk tabung bawah mengandalkan adjuster.” jelasnya.

Shock tabung atas menerapkan cara kerja berupa pemompaan oli ke atas terlebih dahulu, lalu akan mengikuti gerakan as shockbreaker ke bawah untuk meredam hentakan dari per shock.  Sedangkan pada tabung bawah, sistem peredaman langsung melalui as pada shock itu sendiri.

Meski terdapat perbedaan cara kerja shockbreaker tabung, sejatinya keduanya memiliki peranan yang sama pada sepeda motor yaitu menstabilkan peredaman hentakan motor saat dikendarai.

Comments
Shares