Perhatikan Hal Ini Saat Berkendara Motor di Musim Hujan

Berkendara di Musim Hujan

ZONABIKERS.COM – Berkendara di musim hujan membutuhkan konstrasi dan stamina lebih.

Saat hujan, kondisi jalan menjadi basah dan membuat sebagian permukaan jalan jadi licin.

Selain itu, jarak pandang akan terganggu dan suhu udara akan turun sehingga menuntut pengendara mengeluarkan enegeri dan kewaspadaan berkendara yang lebih.

Terkait hal tersebut, Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan oleh pengguna sepeda motor saat berkendara di bawah guyuran hujan :

Loading...


Baca Juga : Komunitas CBR Kenalan dengan Produk Anyar Honda CBR250RR

  1. Disarankan memakai jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.
  2. Gunakan helm dengan kaca yang terang/clear visor, kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.
  3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.
  4. Gunakan kecepatan yang aman, hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.
  5. Operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman, penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.
  6. Jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here